Calon Wali Kota Madiun nomor urut 2 Maidi mengharapkan para santri menjadi agen penerus perjuangan bangsa dan berkontribusi positif pada kemerdekaan yang telah direbut melalui perang oleh para kiai pendahulu. 

Hal itu diungkapkan Maidi saat kegiatan pengajian dalam rangka peringatan Hari Santri 2024 yang menghadirkan dai kondang K.H. Ahmad Anwar Zahid pengasuh Pondok Pesantren Sabilunnajah  Bojonegoro.

"Sama seperti tema Hari Santri 2024, 'Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan'. Kita berharap santri melanjutkan perjuangan para kiai dan mengisi kemerdekaan dengan baik," ujarnya di Madiun, Minggu.

Menurutnya para santri masa kini bertanggung jawab untuk tidak hanya menjaga kemerdekaan, namun juga berkontribusi dalam membangun masa depan masyarakat yang lebih baik.

Terlebih, siap dalam menghadapi tantangan global, khususnya menjadi penjaga moral di era transformasi dunia yang serba digital.

Dia menambahkan, peran serta pemerintah juga diperlukan untuk memberikan dukungan bagi para santri, khususnya pendidikan pesantren. Dia meyakini santri memiliki kontribusi besar dalam memajukan Indonesia ke depan.

"Santri harus kita dukung. Kemajuan pesantren harus kita dorong. Untuk menciptakan santri berkualitas, kita wajib mencukupi kebutuhan pesantren," katanya.

Sementara, Maidi menambahkan peringatan Hari Santri Nasional 2024 diiringi lantunan shalawat yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai sarana meningkatkan keimanan masyarakat serta menambah nuansa religius di Kota Madiun.

"Alhamdulillah, pengajian berjalan lancar dan dihadiri cukup banyak peserta," imbuhnya.

Pengajian peringatan hari santri itu juga merupakan bentuk penghargaan serta penghormatan atas peran santri dan ulama dalam memperjuangkan bangsa.

"Termasuk semangat untuk menghidupkan dunia pesantren dalam rangka ikut berkontribusi memajukan bangsa," ujar calon petahana tersebut.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024