Calon Wali Kota Batu, Jawa Timur nomor urut 3 Kris Dayanti atau KD memprioritaskan peningkatan layanan kesehatan dan pendidikan secara bersamaan sebagai upaya untuk memajukan Kota Batu.

"Kami tingkatkan dua hal secara berbarengan, kenapa? Karena keduanya merupakan prioritas," kata Kris Dayanti kepada ANTARA di Kota Batu, Jumat.

Menurutnya kesehatan menjadi tolak ukur kondisi riil yang ada di suatu wilayah. Masyarakat sudah seharusnya mendapatkan kemudahan mendapatkan akses bidang tersebut.

Potret kondisi kesehatan masyarakat juga mempengaruhi besar kecilnya minat investor menanamkan modal. Selain itu juga, antusiasme wisatawan datang ke Kota Batu untuk berwisata.

Oleh karenanya, Kris Dayanti menyatakan bersama calon Wakil Wali Kota Batu Kresna Dewanata Phrosakh berkomitmen memperkuat integrasi antar layanan di setiap fasilitas kesehatan yang ada di wilayah setempat.

"Sekarang penting mendorong kualitas kesehatan di Kota Batu, puskesmas nanti lebih terintegrasi lagi dengan rumah sakit tentu ini dilakukan bersama Dinas Kesehatan," ujar mantan Anggota DPR RI periode 2019-2024 ini.

Sedangkan, peningkatan kualitas layanan pendidikan yang pertama dilakukan adalah menjamin seluruh pelajar di Kota Batu mendapatkan hak sama, salah satunya terkait seragam.

Dia menyatakan sudah merancang skema seragam gratis bagi pelajar yang masuk dalam keluarga tidak mampu.

"Pendidikan ini menjadi jaminan masa depan suatu daerah, makanya anak-anak bisa mendapatkan seragam gratis," ucapnya.

Selain itu, wanita yang akrab disapa KD ini juga berkomitmen meningkatkan taraf kesejahteraan para guru, mulai jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

"Kami amankan dulu yang guru PAUD sampai SMA-nya juga," tutur dia.

Pilkada Kota Batu 2024 diikuti tiga pasangan calon, yakni Nurochman-Heli Suyanto nomor urut 1, Firhando Gumelar-Rudi nomor urut 2, dan Kris Dayanti-Kresna Dewanata Phrosakh nomor urut 3.

Masa kampanye pilkada berjalan mulai 25 September hingga 23 November 2024.

Tahapan pemungutan suara Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November sedangkan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dimulai pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024