Sebanyak 33 masjid terbaik menerima penghargaan pada Masjid Award 2024 yang diselenggarakan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Timur di Islamic Center Surabaya, Rabu.

Pj. Gubernur Adhy menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang telah melaksanakan penghargaan bagi masjid terbaik ini.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan bentuk kepedulian kepada para imam masjid, takmir dan marbot di Jatim.

"Kami atas nama pemerintah provinsi Jatim memberikan apresiasi dan terimakasih kepada penyelenggara acara DMI Award ke-3 kali. Ini menunjukkan keberadaan masjid punya peran yang strategis dalam pembangunan keumatan," kata Adhy.

Peran strategis yang dimaksud adalah selain sebagai tempat ibadah, masjid juga sebagai tempat pembinaan dakwah untuk masyarakat, pendidikan keagamaan bagi anak-anak dan pengungkit ekonomi syariah.

"Keberadaan masjid bukan sekedar tempat ibadah tetapi punya peran strategis sebagai tempat pembinaan dakwah untuk masyarakat, pendidikan keagamaan, dan yang terpenting masjid sebagai media pemersatu bangsa," katanya.

Ketua Penyelenggara Masjid Award 2024 Suhadi mengatakan, untuk menentukan masjid terbaik dipilih sejak di tingkat kecamatan hingga kabupaten atau kota.

"Sudah diseleksi sejak tingkat kecamatan, ada beberapa kategori," ujar pria yang juga Sekretaris Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Timur ini.

Penghargaan yang diberikan hari ini terbagi dalam lima kategori masjid terbaik dan satu kategori Mushollah. Rinciannya yaitu Kategori Masjid Agung juara 1 diraih Masjid Agung Darul Falah Pacitan, Kategori Masjid Besar juara 1 diraih Masjid Besar Annur Nongkojajar Kab. Pasuruan dan Kategori Masjid Jami juara 1 diraih Masjid Assalam Arjosari Kota Malang.

Selanjutnya untuk Kategori Masjid Perkantoran juara 1 diraih oleh Masjid Al Huda Unmer Malang, kategori masjid Pasar/Mall/Rest Area yakni  Masjid KH.Hasyim Asari Tuban dan untuk kategori Mushollah juara 1 diraih Mushollah An Nur Perum Citra Surya Mas Sidoarjo.

Pewarta: Faizal Falakki

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024