Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Pasar Besuki, Situbondo, Jawa Timur dan menyapa para pedagang pasar dalam rangkaian pelaksanaan kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Dalam keterangan yang diterima di Surabaya, Jawa Timur, saat berkunjung di Pasar Besuki tersebut, Khofifah menyatakan bahwa sesuai tagline Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024, Pilgub Jatim Seneng Bareng, ia ingin berbagi kebahagiaan dengan para pedagang.

"Intinya kalau ke pasar itu saya ingin menyerap semangat dari para pedagang pasar tradisional. Kalau pagi dapat semangat seperti ini, rasanya energi langsung full untuk menjalani hari," kata Khofifah.

Khofifah menambahkan, kunjungan ke Pasar Besuki Situbondo tersebut bukan hanya sekedar untuk melakukan kampanye, namun juga mengajak masyarakat untuk membeli barang dagangan para pedagang agar perputaran perekonomian menguat.

"Ini tidak hanya kampanye saja sebetulnya, ajakan untuk membeli dagangan pedagang kita harus terus kita gaungkan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia menyapa pedagang, menyosialisasikan dirinya yang maju kembali sebagai Gubernur Jatim bersama Emil Dardak, dan juga berbagi alat peraga kampanye.

Menurutnya, setiap pedagang yang disapa, selalu menyampaikan doa, harapan agar Khofifah-Emil menang di Pilkada 2024.
 
"Ini tulus dan natural sekali, karena pada dasarnya kami kan tidak saling kenal secara personal tapi didoakan dengan begitu baik," ujarnya. 

Ditemani para musisi jalanan, relawan, dan juga para partai pengusung, Khofifah tak lupa untuk memborong aneka barang dagangan dari pedagang. Mulai sayur mayur, buah-buahan, dan juga jajanan khas Situbondo yang ada di pasar tradisional Besuki tersebut.

Para pedagang yang dagangannya diborong oleh Khofifah pun tampak kegirangan. Bahkan semakin kencang mendoakan agar Khofifah-Emil agar kembali menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. 

Selain itu, ia juga mendorong agar para pedagang di Pasar Tradisional bisa tersentuh literasi digital. Karena saat ini gempuran belanja online tidak bisa dipungkiri.

"Mau tidak mau solusinya adalah literasi digital. Ekosistem digital harus sudah masuk ke pasar tradisional. Dengan terlengkapi ekosistem digital maka pedagang akan tetap bisa melayani pembeli yang belanja lewat online," ucapnya.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan berkontestasi pada Pilkada Jatim 2024 ada tiga pasangan calon yakni Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Tri Rismaharini-KH Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans).

Berdasarkan jadwal, pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak 2024 berlangsung pada 27 November dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024