Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro melakukan sejumlah perbaikan sarana prasarana (sarpras) di sekitar lokasi obyek wisata dalam upaya untuk menarik kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut.

"Saat ini kita proses perbaikan sarana prasarana wisata, agar nantinya menarik kunjungan wisata di Bojonegoro supaya mengalami peningkatan," kata Kepala Disbudpar Kabupaten Bojonegoro, Budiyanto di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu.

Dijelaskan Budi, perbaikan yang saat ini dilakukan antara lain seperti jalan menuju obyek wisata Kayangan Api dan area parkir, serta perbaikan kolam renang untuk anak-anak di Dander Park. Diharapkan pengunjung merasa nyaman dan tidak bosan berkunjung ke obyek wisata di Bojonegoro.

"Kunjungan wisatawan tahun ini kurang maksimal, karena ada perbaikan-perbaikan untuk kenyamanan wisatawan," jelasnya.

Masih kata Budi, jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Bojonegoro setiap tahunnya sekitar 1-1,5 juta orang. Dengan adanya perbaikan sarana obyek wisata tersebut, Budi meyakini akan ada peningkatan kunjungan wisatawan pada tahun berikutnya.

Untuk saat ini, lanjut Budi, wisatawan disarankan ke obyek wisata Grogoland Dander maupun ke kebun belimbing di Kecamatan Dander dan wisata yang lainnya.

"Jumlah obyek wisata Bojonegoro ada 34 destinasi yang dikelola pemerintah maupun swasta," kata Budi.

Budi menambahkan, peningkatan kapasitas dan kelembagaan pengelolaan obyek wisata terus dilakukan, salah satunya dengan mengajak perwakilan pelaku wisata kunjungan ke daerah lain untuk melakukan studi banding, termasuk mengikuti pameran bagi para perajin lokal.

"Sebab ada beberapa desa yang mempunyai obyek wisata dikelola pokdarwis, seperti Grogoland, Pring Sewu Ngraho dan yang lainnya. Dinas melakukan pendataan, pembinaan dan memantau jumlah kunjungan wisatawan," terang Budi.

Pewarta: Muhammad Yazid

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024