Jepang memperpanjang catatan sempurna pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup C zona Asia, setelah menaklukkan Arab Saudi dengan skor 2-0 pada pertandingan di King Abdullah Sport City, Jeddah, Kamis setempat atau Jumat dini hari WIB.

Hasil itu membuat Jepang semakin kokoh di pucuk klasemen Grup C dengan koleksi sembilan poin. Sedangkan Arab Saudi kini berada di posisi ketiga dengan empat poin.

Jepang yang dipaksa bermain bertahan pada fase awal pertandingan, justru mampu memecah kebuntuan pada menit ke-14. Daichi Kamada mengemas gol dari jarak dekat dengan meneruskan bola sundulan Hidemasa Morita.

Baca juga: PSSI kirim surat protes atas kepemimpinan wasit laga Timnas lawan Bahrain

Peluang bagus kemudian kembali didapat Jepang melalui sepakan Ayase Ueda yang melebar.

Menjelang babak pertama usai, Arab Saudi tampil cukup baik saat menyerang, tetapi kiper Zion Suzuki mampu menepis tembakan yang mengancam gawangnya dan gol balasan tidak kunjung tercipta.

Di sisi lain, Jepang pun berpeluang menggandakan keunggulan dari sepakan Ueda yang kali ini ditepis kiper Ahmed Al-Kassar. Keunggulan 1-0 untuk Jepang pun bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, baik Arab Saudi maupun Jepang sama-sama aktif menyerang, tetapi mereka kesulitan menciptakan peluang berbahaya. Pertandingan berlangsung sengit, sebelum pasukan Hajime Moriyasu menggandakan keunggulannya pada menit ke-81.

Dari situasi tendangan sudut, pemain pengganti Koki Ogawa menanduk bola untuk memastikan tiga poin dibawa pulang oleh Jepang.

 

Daftar susunan pemain:

Arab Saudi: Ahmed Al-Kassar, Saud Abdulhamid, Ali Lajami, Hassan Al Tambakti, Hassan Kadesh, Musab Al Juwayr, Abdulelah Al Malki, Nasser Al-Dawsari, Ayman Yahya, Firas Al Buraikan, Salem Al-Dawsari

 

Pelatih: Roberto Mancini

 

Jepang: Zion Suzuki, Kou Itakura, Shogo Taniguchi, Koki Machida, Ritsu Doan, WAtaru Endo, Hidemasa Morita, Kaoru Mitoma, Takumi Minamino, Daichi Kamada, Ayase Ueda

 

Pelatih: Hajime Moriyasu

Pewarta: A Rauf Andar Adipati

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024