PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 7 Madiun mencatat total sebanyak 3,3 juta penumpang melakukan perjalanan menggunakan kereta api (KA) di wilayah daop setempat sepanjang bulan Januari-September 2024.

Manajer Humas Daop 7 Madiun Kuswardojo di Madiun, Rabu mengatakan jutaan pelanggan tersebut memanfaatkan jenis kereta api jarak jauh dengan rincian 1.653.024 orang tercatat naik dan 1.656.481 turun di berbagai stasiun di wilayah kerja Daop 7, termasuk stasiun besar seperti Madiun, Kediri, Jombang, Tulungagung, dan Blitar.

""Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan masyarakat yang terus menggunakan layanan kereta api. Kami berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan standar pelayanan, baik dari aspek kenyamanan maupun keselamatan penumpang," ujar Kuswardojo .

Baca juga: KAI Daop 7 terima penghargaan penanganan stunting dari Pemkab Madiun

Menurut dia, pencapaian hingga melayani sebanyak 3,3 juta pelanggan tersebut merupakan hasil dari upaya berkelanjutan PT KAI dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

Selain itu, performa operasional KAI Daop 7 juga menunjukkan hasil positif. Hingga akhir September 2024, tingkat ketepatan waktu atau "on time performance" keberangkatan kereta penumpang mencapai 99,95 persen, dan ketepatan waktu kedatangan di angka 98,90 persen.

Kuswardojo menegaskan bahwa capaian itu merupakan hasil dari upaya berkelanjutan dalam menjaga performa operasional.

"Kami melakukan inspeksi rutin terhadap infrastruktur dan jalur kereta, memastikan semuanya berada dalam kondisi prima untuk menunjang kelancaran dan keamanan perjalanan," katanya.

Tidak hanya mengandalkan performa operasional, PT KAI Daop 7 Madiun juga fokus pada peningkatan fasilitas dan inovasi layanan demi kenyamanan penumpang. Beberapa langkah nyata yang telah dilakukan antara lain ruang tunggu yang lebih nyaman, modernisasi toilet, perbaikan area parkir, kemudahan pembelian tiket secara daring dan mesin cetak mandiri di stasiun-stasiun utama yang mengurangi antrean dan mempercepat proses.

PT KAI Daop 7 berkomitmen untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat, agar kereta api tetap menjadi pilihan utama transportasi publik. Dengan tren positif ini, KAI berharap dapat terus berperan aktif dalam menciptakan sistem transportasi yang aman, nyaman, dan efisien bagi semua masyarakat.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024