Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu Firhando Gumelar-Rudi mempersiapkan program 1 KK 1 Sarjana sebagai strategi melahirkan sumber daya manusia menyambut bonus demografi di 2030.

Ketua Tim Media Center Koalisi Pemenangan Gumelar-Rudi Cakra Negara di Kota Batu, Selasa, mengatakan konsep 1 KK 1 Sarjana merupakan investasi di bidang pendidikan, sekaligus keberlanjutan dari program Pendidikan Gratis Wajib Belajar 12 Tahun yang terangkum di dalam 17 Langkah Guru.

"Program 17 Langkah GURU yang sudah disajikan oleh Mas Gum itu, saya lihat sangat bisa menjawab tantangan Kota Batu dalam menyiapkan infrastruktur dan fasilitas penunjang dalam menyambut bonus demografi," kata Cakra.

Melalui program 1 KK 1 Sarjana, kata dia, menghadirkan peluang bagi anak-anak muda Kota Batu yang akan masuk ke usia produktif untuk menapaki dunia kerja. Selain itu juga membantu merealisasikan Indonesia Emas 2045.

"Bonus demografi akan berdampak pada angkatan kerja, negara memiliki potensi untuk meningkatkan aktivitas ekonomi, usaha, bisnis dan industri," ujarnya.

Pilkada Kota Batu 2024 diikuti tiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, yakni Nurochman-Heli Suyanto nomor urut 1, Firhando Gumelar-Rudi urut 2, Krisdayanti-Kresna Dewanata Phrosakh nomor urut 3.

Sebagai informasi, masa kampanye pilkada berjalan mulai 25 September hingga 23 November 2024.

Tahapan pemungutan suara Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November sedangkan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dimulai pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024