Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, Jawa Timur, menerima bantuan ambulans dari Bank Jatim guna membantu memperluas akses layanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah itu.

"Dengan adanya bantuan satu unit mobil ambulans ini, maka alat transportasi untuk membantu layanan kesehatan kepada masyarakat bisa lebih baik," kata Penjabat Bupati Bangkalan Arief M Edie di Bangkalan, Jawa Timur, Senin.

Ia menjelaskan, bantuan mobil ambulans dari Bank Jatim itu merupakan realisasi dari program Corporate Social Responsibility (CSR), dan akan dioperasi di Rumah Sakit Umum Daerah Syarifah Ambami Rato Ebu (Syamrabu), Bangkalan.

Edie menuturkan, bantuan itu diserahkan secara langsung oleh Pimpinan Bank Jatim Cabang Bangkalan Achmad Rian Fatri pada 4 Oktober 2024 di Pemkab Bangkalan.

Baca juga: Pemprov Jatim bantu penyandang disabilitas di Kabupaten Bangkalan

"Hari ini kami serahkan ke RSUD Bangkalan, karena peruntukan bantuan mobil ambulans tersebut memang untuk meningkatkan layanan kesehatan di rumah sakit milik Pemkab Bangkalan ini," katanya,

Edie juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Bank Jatim yang telah memberikan manfaat CSR ini untuk menunjang pelayanan kesehatan di Kabupaten Bangkalan.

"Dengan adanya ambulans baru ini, diharapkan akses pelayanan pasien dari dan ke RSUD Syamrabu Bangkalan dapat lebih cepat dan efisien. Ini tentu akan membantu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat," ujar Arief.

Ambulans baru ini diharapkan dapat mempercepat proses penanganan pasien, terutama dalam situasi darurat yang memerlukan mobilisasi cepat ke rumah sakit.

Penjabat Bupati Bangkalan ini juga menekankan bahwa dukungan seperti itu sangat penting dalam mendukung visi Kabupaten Bangkalan untuk terus meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan bagi warganya.

Sementara itu, Direktur RSUD Syamrabu Bangkalan Farhat Surya Ningrat mengungkapkan rasa syukur atas tambahan mobil ambulans tersebut, sehingga bisa membantu peningkatan operasional rumah sakit dalam menangani kebutuhan pasien yang terus meningkat.

"Bantuan ini sangat berarti bagi kami, terutama untuk mempercepat mobilisasi pasien dari daerah terpencil ke rumah sakit. Kami yakin, dengan adanya ambulans tambahan ini, kami dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Pimpinan Bank Jatim Cabang Bangkalan Achmad Rian Fatri, menjelaskan, penyaluran CSR itu bagian dari komitmen Bank Jatim untuk berperan aktif dalam pembangunan daerah, khususnya dalam sektor kesehatan.

"Kami berharap ambulans ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Bangkalan, serta mendukung peningkatan pelayanan kesehatan di daerah ini," ucap Rian.

Selain Bank Jatim, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang juga membantu kelengkapan sarana transportasi untuk layanan kesehatan di kabupaten paling barat di Pulau Madura ini adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI).*

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024