Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, sinergi dengan Kodim 0809 Kediri melakukan perbaikan jalan di kawasan Selingkar Wilis, dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) 2024.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kediri Heru Wahono Santoso mengemukakan dalam TMMD 2024, Desa Pagung, Kecamatan Semen dipilih sebagai lokasi untuk perbaikan jalan. Desa ini merupakan salah satu pengembangan kawasan Selingkar Wilis sekaligus termasuk proyek strategis nasional yang pada saat ini berada dalam zona merah kemiskinan.

"Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mendukung percepatan penurunan angka kemiskinan yang secara otomatis dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Kediri," katanya di Kediri, Selasa.

Ia menjelaskan, kegiatan TMMD tersebut dilaksanakan di Desa Pagung, Kecamatan Semen, mulai tanggal 2 Oktober 2024 hingga 31 Oktober 2024.

Kegiatan TMMD ini sengaja digelar dengan tujuan untuk membantu percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh.

Pihaknya menambahkan, dalam program ini terdapat dua program yaitu fisik dan nonfisik. Untuk fisik dilakukan seperti pembangunan jalan, perbaikan rumah tidak layak huni, pembangunan sumur untuk air minum, renovasi mushalla.

"Sedangkan yang nonfisik yaitu dengan diadakannya pelatihan-pelatihan bekerja sama dengan OPD di Pemerintah Kabupaten Kediri," kata dia.

Sementara itu, Dandim 0809 Kediri Letkol Inf Aris Setiawan menjelaskan lokasi proyek fisik pembangunan jalan tersebut dilakukan kurang lebih 1.500 meter. Jalur itu rencananya menghubungkan wilayah Desa Pagung, Kecamatan Semen dengan Desa Tiron, Kecamatan Banyakan.

"Semoga dalam waktu yang cukup singkat, hanya 30 hari ke depan proyek fisik pembangunan jalan ini dapat berjalan lancar," kata Letkol Inf Aris Setiawan.

Aris menjelaskan bahwa kesuksesan kegiatan ini adalah sinergi dari semua pihak baik itu TNI/Polri, pemerintah daerah yang bahu membahu bersama masyarakat dalam membangun desanya.

"Inilah kebersamaan antara TNI, pemerintah daerah dan masyarakat karena ini juga merupakan program padat karya yang melibatkan masyarakat setempat dalam pengerjaannya," kata dia.

Rangkaian kegiatan TMMD diawali dengan upacara pembukaan yang berlangsung di lapangan Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Pjs Bupati Kediri Heru Wahono Santoso bertindak sebagai inspektur upacara.

Kegiatan upacara tersebut diikuti oleh seluruh jajaran Forkopimda baik Kabupaten dan Kota Kediri, sedangkan peserta upacara adalah dari jajaran TNI/Polri, Satpol PP dan organisasi masyarakat di Kabupaten Kediri. Setelah selesai upacara dilakukan pemukulan gong oleh Pjs Bupati Kediri.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024