Pelatih tiimnas Maladewa U-20 Ahmed Shakir mengatakan bahwa timnas Indonesia U-20 layak menjadi juara grup babak kualifikasi Piala Asia U-20 2025 dan melaju ke putaran final yang dimainkan di China pada Februari tahun depan.

Hal ini dikatakan Shakir setelah timnya menyerah 0-4 dari Jens Raven dan kawan-kawan pada laga pertama di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (25/9).

"Kalau kita rangking kelompok ini (di Grup F), menurut saya Indonesia nomor satu dan nomor dua Yaman," kata Shakir.

Shakir merasa Indonesia layak menjadi juara grup karena selain faktor perbedaan kualitas pemain, juga karena persiapan Garuda Muda yang sangat panjang.

"Saya pikir mereka terus bermain sejak Januari. Mereka telah memainkan banyak pertandingan persahabatan internasional, banyak kompetisi. Saya pikir dalam persiapan, mereka jauh lebih baik. Secara persiapan juga semua pemain sudah jauh lebih baik," jelas Shakir.

Baca juga: Laga pembuka kualifikasi Piala Asia, Garuda Muda bantai Maladewa 4-0

Sementara anak-anak asuhnya, kata dia, di turnamen ini mengalami masalah kebugaran. Ada sekitar 10 pemainnya yang sebelumnya tampil South Asian Football Federation (SAFF) U-20 2024 bulan lalu, tak dapat tampil di kualifikasi Piala Asia U-20 2025 karena mereka mengikuti ujian sekolah.

Ia mengatakan hal ini menjadi sebab utama timnya tak mampu membendung kekuatan Indonesia di babak kedua setelah pada babak pertama berhasil menahan imbang 0-0.

"Semuanya berjalan sesuai rencana kami di babak pertama, namun di babak kedua, kami menghadapi beberapa masalah kebugaran," kata Shakir.

"Tingkat kebugaran para pemain tersebut tidak sama dengan para pemain yang berlatih bersama kami sebelumnya," tambahnya.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024