Anggota DPRD Jawa Timur Adam Rusydi mengajak generasi muda untuk aktif menangkal khususnya pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

"Kami mengimbau masyarakat terutama generasi muda untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada ini. Mahasiswa harus cerdas, jangan hanya menerima informasi dari satu sumber tetapi perlu menganalisis dan memastikan kebenarannya. Menangkal hoaks adalah bagian dari peran mereka dalam menjaga demokrasi,” katanya di Surabaya, Rabu.

Adam menekankan pentingnya pemuda menjadi garda terdepan dalam menjaga integritas demokrasi.

Pria yang juga Ketua DPD Golkar Sidoarjo ini mengapresiasi keberhasilan program Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan badan pengawas pemilu (Bawaslu) yang sebelumnya memberikan pendidikan politik di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Pesan Adam pun sejalan dengan pembentukan Satgas Demokrasi oleh KPU Jawa Timur yang resmi diluncurkan pada Sabtu malam (21/9).

Satgas yang terdiri dari ribuan mahasiswa dari organisasi kepemudaan seperti GMKI, PMII, HMI, dan GMNI tersebut diharapkan menjadi motor penggerak dalam menjaga kualitas Pilkada dari penyebaran hoaks dan praktik politik uang.

Adam memuji inisiatif itu dan berharap generasi muda tidak hanya fokus pada pengkaderan politik dalam organisasi tetapi juga ikut serta aktif dalam setiap tahapan pemilu.

“Generasi muda kita sudah semakin cerdas. Kita yakin mereka tidak mudah disusupi kepentingan politik tertentu,” ujarnya.

Pewarta: Faizal Falakki

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024