Pelatih timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri mengatakan akan memfokuskan timnya untuk menatap satu per satu dari tiga laga kualifikasi Piala Asia U-20 Grup F yang akan dilakoni selama lima hari, 25-29 September.

Indonesia menjadi tuan rumah kualifikasi Piala Asia U-20 Grup F untuk menjamu tiga tim tim, Timor Leste, Maladewa, dan Yaman di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Indonesia akan bertemu Maladewa pada laga pertama, Rabu (25/9).

"Tadi saya meeting dengan pemain, kita akan selesaikan satu per satu game," kata Pelatih timnas U-20 Indra Sjafri saat jumpa pers pralaga di Stadion Madya, Selasa.

Baca juga: Timnas U-17: Nova Arianto catatkan kekurangan walaupun menang 3-1 dari India

"Jadi kami fokus dulu besok karena pertandingan pertama lawan Maladewa kita fokus. Lalu yang kedua lawan Timor Leste, dan terakhir Yaman. Kami menganggap semua tim yang hadir di sini akan merespons dengan baik dan tidak pernah menganggap tim-tim tiga ini, mana lebih baik, mana kurang".

Mengenai persiapan yang dilakukan timnya, Indra mengaku optimistis dari persiapan yang sudah dilakukan. Timnas U-20 mendapatkan hasil terbaik pada persiapan pertama yang mereka lakukan ketika menjuarai Piala AFF U-19 2024 di Surabaya pada Juli.

Setelah AFF U-19, Indonesia menjalani persiapan dengan mengikuti turnamen kecil di Korea Selatan, Seoul Earth On Us Cup 2024 dan kemudian menjalani pemusatan latihan di Bali sekitar dua pekan.

"Mengenai persiapan timnas Indonesia U-20, setelah tangga pertama kita lewati kemarin AFF, kita sempat mengikuti turnamen di Korea Selatan melawan Argentina, Thailand, dan Korsel. Lalu yang kedua kami melakukan persiapan akhir di Bali kemarin selama 14 hari dengan melakukan internal game dan simulasi pertandingan kualifikasi," jelas pelatih asal Batang Kapas, Sumatera Barat itu.

"Tiga hari lalu kita bergerak ke Jakarta dan semua pemain siap untuk melaksanakan misi untuk bisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, pelatih Maladewa Ahmed Shakir mengatakan persiapan anak-anak asuhnya tidak berjalan begitu lancar setelah ia banyak mengganti pemainnya yang tampil di turnamen terakhir, South Asian Football Federation (SAFF) U-20 2024 bulan lalu.

"Setelah kompetisi saya merasakan banyak tantangan karena saya harus mengganti sepuluh pemain yang bermain di kejuaraan ketika datang ke turnamen ini. Karena sebagian besar pemain kami adalah pelajar, mereka sedang melakukan ujian tahun ini. Ini tantangan besar bagi saya, tapi saya senang dengan persiapannya," kata Shakir.

Setelah Maladewa, Indonesia akan melawan Timor Leste pada Jumat (27/9) dan terakhir melawan Yaman pada Minggu (29/9). Semua pertandingan Indonesia akan dimainkan pada pukul 19.30 WIB.

Dari 10 grup yang ada di kualifikasi, 10 juara grup, lima runner up terbaik, dan tuan rumah China akan melaju pada putaran final yang dimainkan pada 6-23 Februari 2025.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024