Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menyalurkan bantuan infrastruktur sambungan rumah (SR) untuk air bersih bagi ratusan kepala keluarga (KK) dalam Program Akses Air Bersih.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan kali ini pemerintah daerah menyalurkan 127 sambungan rumah untuk air bersih di Desa Kaligondo.

"Semoga bantuan ini bermanfaat, mohon dirawat salurannya dan airnya dipergunakan seperlunya sesuai kebutuhan," kata Bupati Ipuk usai menyerahkan secara simbolis di sela menjalani Program Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa) di Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Selasa.

Ia menyebutkan sebelumnya di desa ini sudah terpasang sebanyak 2.048 sambungan rumah air bersih, sehingga saat ini di Desa Kaligondo terdapat 2.175 sambungan.

Bupati Ipuk mengemukakan akan terus meningkatkan ketersediaan dan pipanisasi sambungan rumah air bersih hingga ke desa-desa, dan langkah ini untuk memastikan ketersediaan air bersih bagi masyarakat.

"Untuk tahun ini ada 10 titik yang kami kerjakan dari dana alokasi khusus dari pusat. Selain Kaligondo, ada 9 desa lainnya yang kami garap sambungan rumah air bersih," katanya.

Selain itu, Bupati Ipuk juga menyalurkan bantuan sosial berupa bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa kepada ratusan keluarga penerima manfaat, dan masing-masing penyaluran kali ini keluarga penerima manfaat (KPM) menerima BLT DD untuk tiga bulan (Juli-September) senilai Rp900.000.

Di Desa Kembiritan, Genteng Kulon dan Genteng Wetan (Kecamatan Genteng), Bupati Ipuk juga menyalurkan insentif bagi puluhan ketua RT/RW serta ratusan kader posyandu.

"Insentif ini sebagai bentuk apresiasi bagi Ketua RT/RW dan kader posyandu. Terima kasih atas dedikasinya mendukung program-program daerah, semoga ke depan terus semangat dalam melayani masyarakat," kata Ipuk.

Tahun ini Pemkab Banyuwangi mengalokasikan anggaran sebesar Rp16,15 miliar untuk insentif bagi 13.457 Ketua RT dan RW se-Banyuwangi. Masing-masing ketua RT/RW menerima Rp1,2 juta per tahun yang diserahkan secara bertahap.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024