Universitas Ciputra (UC) Surabaya memperkenalkan maskot kampus yang dinamakan Yucca kepada 1.600 mahasiswa baru (maba) bertepatan dengan Orientation Week (O-Week) yang berlangsung pada 2-7 September 2024.

Rektor UC Ir. Yohannes Somawiharja di kampus setempat, Senin mengatakan Yucca memiliki sarat makna membawa semangat entrepreneur bagi ribuan maba. 

Yucca adalah seekor unicorn yang dalam dunia usaha melambangkan pengusaha yang telah berhasil dan sukses.

"Universitas Ciputra ini kan diartikan sebagai kampus entrepreneurship. Unicorn punya tanduk yang bisa memurnikan racun atau hal-hal buruk. Sangat dinamis, warnanya selalu putih melambangkan kemurnian," kata Yohannes.

Pemberian nama Yucca terinspirasi dari sebuah tanaman yang bisa tumbuh di berbagai tempat. Artinya, para mahasiswa baru diharapkan bisa seperti Yucca yang tangguh di segala medan.

"Jadi, bukan hanya tanaman yang bisa tumbuh di tempat sulit, tetapi indah menjadi tanaman hias, seperti kelapa yang dari akar sampai daun bisa dimanfaatkan," tuturnya.

Kemudian, pewarnaan maskot berwarna oranye juga memiliki arti dan tujuan, yaitu simbol dari inovasi dan kreativitas.

"Kehadiran maskot ini diharapkan bisa memberikan semangat kepada mahasiswa semua untuk menjadi pribadi yang adaptif, tangguh, kreatif, inovatif apapun dan di mana pun kondisinya," ucap dia.

Sementara itu, Samuel Barrel Sagita selaku penggagas Yucca mengatakan maskot tersebut tercipta melalui sebuah konsep inovatif yang menggabungkan kecerdasan buatan atau AI dengan kecerdasan manusia atau human intelligence.

"Dalam waktu dua sampai tiga bulan, saya bersama tim memaksimalkan AI dalam proses pembuatan Yucca," katanya.

Barrel juga berharap kehadiran Yucca sebagai maskot UC bisa membentuk jiwa entrepreneurship dan lingkungan kampus dengan positif dan inovatif.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024