Bakal Calon Wali Kota Batu Nurochman mengajak seluruh masyarakat turut menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dengan tetap mengedepankan upaya menjaga keharmonisan hubungan antarsesama.

"Tetap santai, adem dan ayem, walaupun ada potensi persaingan ataupun rivalitas, saya kira itu hal yang sangat biasa," kata Nurochman, saat sesi konferensi pers, setelah pendaftaran di kantor KPU Kota Batu, Rabu.

Pilkada, kata dia, sebagai ajang pertarungan adu gagasan tidak boleh dirusak oleh aksi yang mengganggu kondisi keamanan wilayah.

"Mari bersama menjaga proses demokrasi yang sedang berjalan, khususnya di Kota Batu," ujarnya.

Nurochman juga meminta masyarakat mendoakan langkah pencalonannya bersama Heli Suyanto agar diberikan kemudahan dan kelancaran, termasuk saat mengarungi masa kampanye.

"Mohon doanya, semoga kami tetap diberikan kesehatan supaya bisa terus menyapa dan menggali aspirasi masyarakat," kata dia.

Selain itu, dia menyebut pendaftaran di kantor KPU Kota Batu berjalan lancar, seluruh berkas dan dokumen visi-misi pasangan telah diterima.

"Setelah diverifikasi oleh komisioner KPU dan Bawaslu serta partai koalisi, berkas kami dinyatakan lengkap dan sah," tuturnya.

Pantauan ANTARA di lokasi, pasangan Nurochman-Heli Suyanto tiba di kantor KPU Kota Batu sekitar pukul 11.00 WIB dengan dikawal oleh kelompok masyarakat yang tergabung di dalam "Ngawal Wong Tulus".

Iring-iringan simpatisan Nurochman-Heli terlebih dahulu berkumpul di Gelanggang Olahraga (GOR) Gajah Mada, Kota Batu. Selama di sana mereka menggelar pertunjukan monolog "Sajak Wong Mbatu" hingga pembacaan narasi puitik "Mbatu Sae". Nurochman juga turut menyampaikan visi "Mbatu Sae".

Masa pendaftaran Pilkada 2024 dibuka selama tiga hari, yakni Selasa (27/8) hingga Kamis (29/8). 

KPU juga akan melaksanakan tahapan penelitian persyaratan calon pada 27 Agustus hingga 21 September 2024.

Sementara tahapan pemungutan suara pada 27 November. Kemudian penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024