Sebanyak 1.051 peserta mengikuti gelaran ajang lari bartajuk "Mangrove Eco Run 2024" yang digelar dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) pertama Kebun Raya Mangrove (KRM) Surabaya, Minggu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Antiek Sugiharti dalam keterangannya di Surabaya, mengatakan 1.051 peserta "Mangrove Eco Run 2024" terbagi ke dalam dua nomor, yakni 5K dengan sekitar 900 peserta dan sisanya 151 peserta mengikuti nomor 10K.

"Ini adalah pertama kalinya eco run diadakan dalam rangka HUT pertama Kebun Raya Mangrove," kata Antiek.

Antiek menyatakan pelaksanaan kompetisi lari ini juga upaya mengenalkan KRM sebagai kawasan yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berolahraga.

"Melalui Mangrove Eco Run, peserta dapat mengenal Kebun Raya Mangrove sambil berolahraga," ujarnya.

Selain itu, dia berharap melalui langkah ini kesadaran masyarakat terhadap upaya pelestarian lingkungan bisa semakin tumbuh.

"Kelestarian tanaman mangrove dapat menjadi perhatian masyarakat," ucapnya.

Sebagai informasi, Pemkot Surabaya mengadakan serangkaian acara untuk memperingati HUT pertama Kebun Raya Mangrove.

Acara ini digelar dari tanggal 26-28 Juli 2024 di KRM Gunung Anyar Surabaya, sekaligus untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2024.

Selain Mangrove Eco Run 2024, puncak HUT pertama KRM Surabaya juga dimeriahkan dengan Pasar Tani, pengundian hadiah, dan pembagian hadiah bagi pemenang lomba foto dan video.

 

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024