Pemerintah Kabupaten Madiun, Jawa Timur menggandeng tim Program Pengembangan Desa Binaan (PPDB) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya untuk bersinergi mengembangkan sektor pariwisata berupa desa wisata berkelanjutan di Desa Wisata Kare, Kecamatan Kare.

Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Madiun, Andri Sulistyowati mengatakan bahwa pengabdian tim Unair di Kabupaten Madiun selama tiga tahun ke depan diharapkan bisa terus berkelanjutan. Utamanya dalam hal pengembangan desa wisata.  

"Kami harap Kepala Desa juga bisa menggerakkan pelaku UMKM, pelaku wisata, maupun karang taruna untuk mendukung program ini. Para Narasumber sangat berkompeten di bidangnya, maka semua bisa berkomunikasi secara maksimal supaya Desa Kare semakin maju," ujar Andri dalam keterangannya di Madiun, Senin.  

Menurut dia, Desa Kare saat ini telah masuk dalam 100 besar yang Anugerah Wisata Indonesia 2024 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Sehingga perlu dibina agar berkelanjutan.

Koordinator PPDB Unair Surabaya Fariz Fadillah Mardianto menjelaskan bahwa PPDB Unair di Desa Kare tahun ini fokus pada pembangunan desa wisata.

"Untuk pengembangan desa wisata berkelanjutan, kami mulai dari aspek digitalisasi, branding desa wisata, UMKM, dan homestay. Setelah itu kami lanjutkan pendampingan, pemantauan, dan evaluasi hasil pendampingan," katanya.

Fariz menambahkan pihaknya juga akan melakukan diskusi mengenai paket wisata dan perlu diadakan peta wisata. Ia berharap kegiatan tersebut bisa memberikan dampak positif bagi Desa Kare yang saat ini telah masuk 100 besar Anugerah Wisata Indonesia 2024.

Kepala Desa Kare Sunarno menjelaskan bahwa di Desa Kare ada beberapa destinasi wisata alam, yakni Nongko Ijo, Air Terjun Kerto Embo, Tambak Lare, dan pendakian puncak Wilis dengan pemandu yang sudah bersertifikat.

Kemudian terdapat wisata edukasi yakni madu, Kopi Kare, penyulingan minyak cengkih, yang dikonsep dalam satu paket sehari dan paket dua hari. Untuk beristirahat, wisatawan bisa ke homestay yang diberdayakan oleh masyarakat.

Sunarno menambahkan dukungan dari Disparpora Kabupaten Madiun dan para akademisi bisa sangat membantu berkembangnya pariwisata di Desa Kare.

*)Untuk informasi lebih lanjut terkait Unair, bisa mengunjungi laman https://www.unair.ac.id/

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024