Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya Komisaris Besar Polisi Pasma Royce menyatakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Bhayangkara merupakan momentum memperkuat komitmen penanganan segala bentuk gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Sejak awal upaya mencegah segala bentuk gangguan kamtibmas merupakan komitmen dan prioritas utama kami," kata Pasma dalam keterangannya yang diterima di Surabaya, Senin.

Komitmen itu sejalan dengan tema besar Hari Ulang Tahun ke-78 Bhayangkara, yakni "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas".

Pasma mengatakan sesuai amanat Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Imam Sugianto, seluruh jajaran Polri merupakan garda terdepan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Selain itu, Polri memiliki peran strategis untuk mendukung percepatan ekonomi berkelanjutan.

Oleh karenanya, jika kamtibmas tak dicegah maksimal dikhawatirkan mampu berdampak jalannya roda perekonomian, khusus di Kota Surabaya.

"Kami harus mampu memberikan jaminan keamanan yang kondusif, sebagai iklim investasi dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam pengembangan infrastruktur. Serta memastikan keadilan dan inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat," ujarnya.

Kapolrestabes menyebut penguatan antisipasi kamtibmas harus disinergikan dengan beragam pihak di Kota Surabaya, khusus pemerintah daerah, TNI, dan seluruh elemen masyarakat.

Dia optimistis kerja sama yang dibentuk mampu memperkuat kapasitas dalam menghadapi berbagai tantangan dan ancaman. 

"Serta mewujudkan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan guna mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045," lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Pasma juga  mengapresiasi jajaran Pemkot Surabaya, TNI dan pemangku kepentingan lainnya lantaran sudah memberikan dukungan terhadap kinerja kepolisian.

"Terima kasih karena hasil sinergi dan dukungan dari seluruh elemen tersebut sehingga Polri bisa mencapai titik hingga saat ini," kata Pasma.

Diketahui, upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Bhayangkara di Balai Kota Surabaya menjadi kali kedua dilaksanakan.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan penempatan lokasi acara menunjukkan bagaimana Polri begitu dekat dengan masyarakat.

"Sehingga ada sinergi betul antara pemerintah kota dengan Polrestabes Surabaya dan Polres Tanjung Perak," kata Wali Kota Eri.

Eri berharap ke depan jajaran Pemkot Surabaya bisa terus bersinergi dengan kepolisian untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi seluruh warga Surabaya.

"Kami terus berbenah, kami terus bersinergi dengan masyarakat untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan di Surabaya," tuturnya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024