Jika gelap mulai turun menandakan hari berganti malam, saat berada di Sumenep, Jawa Timur, di manakah tempat nongkrong yang bisa menghilangkan penat, setelah seharian beraktivitas? 

Areal sawah Calina Bato bisa menjadi alternatif tujuan. Tempat wisata edukasi pertanian ini buka hingga pukul 22.00 WIB.   

Lokasinya di Desa Jambu, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, atau sekitar 15 menit dari pusat kota.

Cocok sebagai tempat "pelarian" untuk me-refresh pikiran, setelah seharian bekerja atau sekadar menghabiskan malam dengan memandangi hamparan sawah yang diterangi temaram lampu dari gubuk-gubuk yang difungsikan sebagai kafe. 

Kalau berkunjung saat pagi hingga sore hari, pengunjung yang melewati jalan setapak di persawahan itu dapat menyaksikan kesibukan para petani yang menanam atau melakukan perawatan terhadap tanaman padi, jagung, cabe, papaya atau yang lain.

Pengunjung bisa langsung bertanya-tanya kepada para petani jika memang tertarik untuk belajar atau berniat mencoba menanam berbagai jenis tanaman pertanian di halaman rumah sendiri saat pulang nanti, yang tentunya akan dijawab dengan detail dan ramah.
  
Jika sudah lelah setelah mendapatkan banyak ilmu dari para petani, pengunjung bisa memesan makanan dan minuman di kafe dan memilih gubuk untuk beristirahat sembari menikmati hamparan sawah yang hijau nan indah. 

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengajak masyarakat untuk datang guna menikmati pemandangan yang indah dan menawan di tempat wisata sawah Calina Bato. 

Menurutnya ada banyak pilihan tempat wisata di kabupaten ujung timur Pulau Madura itu.

"Di Kabupaten Sumenep tidak hanya tersedia banyak pilihan tempat wisata pantai. Juga tersedia tempat wisata dengan pemandangan yang indah dan menawan. Salah satunya adalah Wisata Sawah Calina Bato yang menjadi destinasi favorit bagi anak muda," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Sabtu. 
 

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024