Kegiatan dribble bola basket dengan peserta terbanyak yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun bersama Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) berhasil memecahkan rekor dan tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Piagam penghargaan MURI tersebut diserahkan oleh MURI Representative Sri Widayati kepada Pj Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto di kawasan Pahlawan Street Center (PSC) Madiun yang menjadi lokasi kegiatan.

"Kami mengumumkan sekaligus mengesahkan bahwa event dribble bola basket dengan peserta terbanyak yang digelar Pemerintah Kota Madiun berhasil tercatat MURI. Dari 1.106 orang peserta namun dari hasil verifikasi kami melebihi yang diusulkan jadi 1.223 peserta," ujar Sri Widayati di sela penyerahan penghargaan di kawasan PSC, Minggu.

Kegiatan yang digelar dalam rangkaian peringatan ke-106 Hari Jadi Kota Madiun itu sekaligus berhasil menumbangkan rekor serupa sebelumnya yang dibuat oleh Yamaha yaitu pada tahun 2011 dengan 772 peserta.

Pj Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto mengatakan kegiatan tersebut selain dalam rangkaian peringatan ke-106 Hari Jadi Kota Madiun yang diperingati setiap 20 Juni, juga sebagai upaya memotivasi siswa untuk menyukai olahraga. Khususnya, bola basket.

"Kami ingin mengajak anak-anak agar semangat dan menyukai olahraga sehingga menjadi lebih sehat," katanya.

Tak hanya itu, Pj Wali Kota juga berharap melalui kegiatan itu juga dapat menjaring atlet berbakat, khususnya olahraga basket dari Kota Madiun.

"Harapannya melalui kegiatan ini dapat ditemukan potensi atlet basket di Kota Madiun. Setelah kegiatan ini juga akan dilakukan pembinaan terhadap atlet-atlet berbakat," kata dia.

Kegiatan dribble bola basket dengan peserta sebanyak 1.223 orang tersebut diikuti ribuan siswa SD-SMA/sederajat, mahasiswa, dan anggota klub bola basket di Kota Madiun.

Selain pemecahan rekor MURI, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pelantikan pengurus Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Madiun masa bakti 2024-2028 oleh Ketua Umum Perbasi Jawa Timur, Grace Evi Ekawati.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024