Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur melakukan penanaman ribuan bibit pohon secara serentak di tiap kelurahan wilayahnya dalam rangkaian peringatan ke-106 Hari Jadi Kota Madiun (HJM) yang diperingati setiap tanggal 20 Juni.

Penjabat (Pj) Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto mengatakan tujuan kegiatan penanaman bibit pohon tersebut selain peringatan HJM, juga untuk menekan dampak perubahan iklim, serta mewujudkan lingkungan yang sehat, sejuk, dan asri.

"Kegiatan ini sebagai wujud pemerintahan daerah memberikan contoh kepada masyarakat agar mengelola ekosistem dengan baik. Kegiatan ini juga bertujuan untuk pelestarian lingkungan," ujar Pj Wali Kota Eddy di sela kegiatan penanaman yang dipusatkan di Jalan Sendang RT 21/RW 4 Kelurahan Kartoharjo, Kota Madiun, Minggu.

Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan di tiap kelurahan yang ditayangkan secara daring melalui Zoom bersama Pj. Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto.

Ada sebanyak 1.106 bibit pohon yang ditanam serentak dalam kegiatan tersebut di sejumlah kelurahan. Pihaknya berharap melalui kegiatan tersebut, Pemkot Madiun berkontribusi dalam upaya mengurangi pemanasan global.

Selain di wilayah Jalan Sendang, Pj Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto juga meninjau dan melakukan penanaman di Jalan Anjasmara Gang Pamong Rini RT 15 RW 5 Kelurahan Pangongangan.

"Melalui kegiatan penanaman bibit pohon ini, saya harap bisa meningkatkan semangat masyarakat di setiap RT/RW untuk menanam pohon sehingga dapat menurunkan suhu udara," kata dia.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024