Ukraina memupuk harapan untuk lolos ke babak selanjutnya setelah menekuk Slovakia 2-1 pada pertandingan Grup E Euro 2024 di Stadion Dusseldorf Arena, Dusseldorf, Jumat.
 
Pada pertandingan ini Slovakia sebenarnya sempat unggul terlebih dahulu melalui Ivan Schranz, akan tetapi Ukraina dapat bangkit membalikkan keadaan berkat Mykola Shaparenko serta Roman Yaremchuk, demikian catatan UEFA.
 
Hasil ini membuat Ukraina naik ke peringkat ketiga klasemen sementara Grup C dengan tiga poin dari dua laga, sedangkan Slovakia tertahan di posisi kedua dengan tiga poin.

Pada pertandingan ini Slovakia mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mendapatkan peluang lewat tendangan Lukas Haraslin yang masih dapat dihalau kiper Ukraina Anatoliy Trubin.
 
Slovakia kembali menciptakan peluang, namun Trubin kembali melakukan halauan, kali ini tendangan Ivan Schranz yang dapat dibendungnya.
 
Selanjutnya Slovakia terus menekan lini pertahanan Ukraina dan menciptakan peluang lewat tendangan bebas David Hancko yang lagi-lagi dapat dimentahkan Trubin.
 
Skuad asuhan Francesco Calzona akhirnya mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit 17 setelah umpan silang Haraslin dapat disambut sundulan Schranz yang membobol gawang Trubin sehingga skor berubah menjadi 1-0.
 
Sempat tertekan, Ukraina berhasil menciptakan peluang melalui tendangan penyerang Girona Artem Dovbyk, akan tetapi bola masih dapat diblok lini pertahanan Slovakia.
 
Ukraina kembali menciptakan peluang emas melalui tendangan bek sayap Oleksandr TymChyk yang masih membentur tiang gawang.
 
Skuad asuhan Serhiy Rebrov terus menciptakan peluang, kali ini lewat tendangan bebas Oleksandr Zinchenko yang masih dapat ditinju kiper Slovakia Martin Dubravka.
 
Menjelang berakhirnya babak pertama, Slovakia kembali memberikan ancaman melalui tendangan Haraslin yang dapat ditepis Trubin. Skor 1-0 untuk keunggulan Slovakia tetap bertahan hingga turun minum.
 
Memasuki babak kedua, Ukraina mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan dapat menyamakan kedudukan menit 54 setelah umpan Zinchenko dapat dikonversikan menjadi gol oleh Mykola Shaparenko sehingga skor berubah menjadi 1-1.
 
Ukraina kembali memberikan ancaman, kali ini melalui skema serangan balik lalu Mykhailo Mudryk melepaskan tendangan mendatar yang masih membentur tiang gawang Slovakia.
 
Skuad The Blue and Yellow mampu membalikkan keadaan menjadi 2-1 setelah umpan Shaparenko sukses dikonversikan menjadi gol oleh sontekan Roman Yaremchuk pada menit 80.
 
Pada sisa waktu babak kedua, Slovakia terus berupaya untuk setidaknya kembali menyamakan kedudukan, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 1-2 untuk kemenangan Ukraina tetap bertahan.
 
Selanjutnya Ukraina akan menghadapi Belgia pada partai pamungkas Grup E Euro 2024, Rabu (26/6), sedangkan Slovakia berjumpa Romania, di hari yang sama..
  

Pewarta: Aldi Sultan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024