Pengusaha asal Kabupaten Kediri Deny Widyanarko menilai destinasi wisata di wilayah setempat bisa lebih diperbaiki dan dikembangkan, sehingga turut serta mendukung perbaikan ekonomi di masyarakat.

"Di Kabupaten Kediri banyak potensi. Tentunya, bila pemerintah berperan aktif untuk bisa mendukung aktivitas wisata, bukan tidak mungkin menjadi salah satu wilayah dengan destinasi wisata yang banyak dikunjungi," katanya di Kediri, Rabu.

Pihaknya mengungkapkan adanya perkembangan destinasi wisata secara langsung juga mendukung perekonomian daerah dan masyarakat.

Kabupaten Kediri mempunyai sejumlah wisata yang menarik termasuk wisatawan termasuk wisata alam, wisata religi, wisata budaya, hingga wisata ekonomi kreatif seperti UMKM yang menghasilkan produk khas setempat.

Selain itu, di Kabupaten Kediri juga mempunyai kekayaan alam yang luar biasa. Sektor pertanian juga cukup bagus. Bahkan, 70 persen masyarakat bergerak di bidang pertanian. 

Ia mencontohkan, banyak daerah yang juga berpotensi dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Misalnya, di Kecamatan Ngancar dan juga Desa Banjaranyar, Kecamatan Kras Kabupaten Kediri yang dinilai cukup produktif dan berkembang dari segi bisnis yang sudah berjalan. Di lokasi tersebut terdapat budi daya tanaman hias termasuk anggrek. 

Selain itu, potensi lainnya adalah buah nanas di area Ngancar yang juga dinilai cukup menjanjikan dalam menopang perekonomian warga sekitar.

Menurut dia, dengan potensi wisata dan hasil pertanian yang dikelola dengan baik, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat luar daerah untuk mau  berkunjung dan mencoba produk hasil pertanian yang ada, sehingga hal ini berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi di desa setempat.

"Bidang pertanian juga harus punya perhatian khusus. Petani bisa sejahtera dengan cara mekanisasi, integrasi pertanian sehingga petani dengan kegiatan itu bisa mendapatkan suatu hasil maksimal sehingga kesejahteraan petani meningkat," kata pemilik usaha Tajimas Grup ini yang juga bakal calon Bupati Kediri ini. 

Ia optimistis, dengan mengoptimalkan semua aspek tersebut Kabupaten Kediri akan menjadi daerah yang hebat dan berkembang pesat.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024