Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Madiun memantau perkembangan harga bahan pokok yang dijual di sejumlah pasar tradisional menjelang Idul Adha 1445 Hijriah atau tahun 2024 Masehi.

Tim yang merupakan gabungan dari Disdag Kota Madiun dan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait tersebut mendatangi sejumlah pasar tradisional, di antaranya adalah Pasar Besar Madiun, Sleko, dan Srijaya.

"Alhamdulillah harga bahan pokok di Madiun stabil. Minggu kemarin bawang merah yang menembus Rp50.000 per kilogram, saat ini di kisaran Rp35.000-Rp40.000 untuk kualitas super, dan untuk beras medium lokal ada yang jual Rp11.000-Rp12.500 per kilogram, dan itu sesuai harga eceran tertinggi (HET)," ujar Analis Perdagangan Ahli Muda Dinas Perdagangan Kota Madiun,Tri Prasetyaningrum, Selasa.

Selain memantau harga, pihaknya juga memantau pasokan bahan-bahan pokok tersebut di pasaran. Pihaknya tidak ingin masyarakat kesulitan mencari bahan pokok menjelang peringatan hari besar keagamaan nasional (HBKN).

Ia memprediksi harga bahan-bahan pokok tersebut akan stabil hingga mendekati Hari Raya Idul Adha. Pihaknya terus berkoordinasi dengan TPID Kota Madiun termasuk dengan Bulog dan OPD terkait, untuk memantau pasokan bahan pangan seperti beras dan pendistribusian ke masyarakat.

"Insya Allah sampai mendekati Idul Adha yang kurang sepekan lagi, harganya tetap stabil dan tidak ada lonjakan signifikan," katanya lagi.

Dia juga meminta warga untuk tidak panik dengan membeli beras dan komoditas penting lainnya secara berlebihan, karena Pemkot Madiun bersama Bulog setempat memastikan stok beras dan bahan pokok lainnya aman, terlebih menghadapi tingginya permintaan menjelang Idul Adha 2024.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024