Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menegaskan komitmen untuk memperkuat kerja sama di berbagai sektor dengan negara Inggris.

Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono mengungkapkan penguatan kerja sama tersebut memiliki tujuan besar dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Terlebih tahun 2024 ialah momentum bagi pemerintah Indonesia dan Inggris untuk terus meningkatkan hubungan bilateral kedua negara," katanya melalui keterangan tertulis di Surabaya, Sabtu.

Pj. Gubernur Adhy menjelaskan hubungan yang terjalin antara Inggris-Indonesia telah memiliki dampak positif di banyak sektor pembangunan. 

Khusus di Jawa Timur, Pemprov telah berkolaborasi dan bekerja sama pada sektor pendidikan, yaitu salah satu universitas terkemuka di Inggris akan membuka perkuliahan di Jatim. 

Kerja sama di bidang pendidikan ini telah digagas pada era Gubernur Jatim Periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa, dengan menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) antara King's College London (KCL) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari Malang.

KCL merupakan salah satu kampus dengan kualitas terbaik 35 tingkat dunia. 

"Nantinya kerjasama KCL akan memberikan akses kepada generasi muda bangsa untuk mengejar impian mereka tanpa harus pergi ke luar negeri," ujar Pj Gubernur Adhy.

Dalam perjanjiannya, KCL akan mengambil peran penuh dalam penyelenggaraan pendidikan program master degree yang dibuka di KEK Singhasari. 

Pn Gubernur Adhy memastikan mulai dari pelaksanaan kurikulum perkuliahan hingga tenaga pengajar semuanya dari KCL.

Sedangkan KEK Singhasari akan mengambil peran penuh dalam penyediaan infrastuktur, sarana prasarana, dan fasilitas pembelajaran untuk mahasiswa.

Fasilitas untuk perkuliahan bagi mahasiswa KCL saat ini sudah mulai dibangun di KEK Singhasari. 

"Kita doakan pada September 2024 mendatang akan dimulai pembukaan program studi untuk Digital Economy. Dilanjutkan program studi Digital Future di Januari 2025 mendatang," ucap Adhy. 

Menurutnya hubungan kemitraan antara Inggris-Indonesia harus dimanfaatkan untuk menguatkan peningkatan kualitas SDM yang muaranya menyejahterakan dan mencerdaskan kehidupan masyarakat Jatim. 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024