Sebanyak dua desa wisata di wilayah Kabupaten Madiun masuk dalam 100 besar kompetisi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2024 yang ditetapkan berdasar kurasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Madiun Anang Sulistyono, Minggu, memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih dua desa wisata tersebut dan diharapkan bisa menembus babak 50 besar ADWI 2024.

"Kami sangat mengapresiasi capaian ini. Dari lima desa wisata di Kabupaten Madiun yang lolos 500 besar, dua di antaranya masuk 100 besar. Mudah-mudahan masuk ke 50 besar nantinya," kata Anang saat dihubungi.

Dua desa wisata yang masuk dalam 100 besar kompetisi ADWI 2024 tersebut adalah Desa Kare di Kecamatan Kare dengan wisata alamnya serta Desa Gunungsari di Kecamatan Madiun dengan keunikan wisata tradisi budaya dan edukasi.

Meskipun berhasil masuk 100 besar ADWI 2024, Pemerintah Kabupaten Madiun terus berupaya meningkatkan pengelolaan dan pendampingan terhadap kedua desa tersebut, sekaligus belasan desa wisata lainnya.

"Dinas telah membentuk tim pendampingan sehingga eksistensi desa wisata yang ada tetap terjaga," kata Anang.

Tim pendampingan juga aktif mendorong pengelola desa wisata untuk mempromosikan potensi desa wisatanya, agar lebih dikenal dan dikunjungi banyak wisatawan.

ADWI 2024, lanjut dia, diharapkan bisa menjadi sarana promosi bagi desa-desa wisata lainnya dan memperkuat jaringan komunikasi setiap desa.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024