Penjabat Wali Kota Kediri Zanariah mengungkapkan bahwa di era tanpa batas seperti sekarang ini, dunia pendidikan mengalami perubahan yang cepat dan dinamis, sehingga pendidik pun harus cepat adaptasi menghadapi tantangan zaman.

Pj Wali Kota Kediri itu mengatakan saat ini negara sedang gencar-gencarnya mewujudkan profil pendidik dan pelajar Pancasila.

Hal itu dilakukan menghadapi era tanpa batas seperti sekarang ini, sekaligus sebagai upaya membentuk generasi penerus bangsa yang kokoh, berkarakter, dan berintegritas.

"Bapak Ibu pendidik dihadapkan dengan berbagai tantangan. Seperti kurikulum yang terus berkembang, kebutuhan belajar yang beragam serta budaya sekolah yang belum kondusif dalam mendukung penerapan nilai Pancasila," katanya di Kediri, Jawa Timur, Sabtu.

Zanariah dalam acara jalan sehat peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Pendidikan Nasional yang digelar di Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri tersebut menambahkan, pendidik harus bisa cepat beradaptasi, harus terus update untuk tingkatkan kompetensi, serta membiasakan brainstorming dan kolaborasi. Hal itu penting dilakukan demi meningkatkan kualitas pembelajaran.

Ia menambahkan, untuk para siswa, dua atau tiga tahun lagi akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk itu, anak-anak juga diminta untuk memanfaatkan momentum sekolah untuk menggali potensi. Anak-anak juga diminta selalu menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan, keadilan, dan demokrasi.

"Jadilah teladan generasi penerus yang berkarakter Pancasila. Untuk para pendidik mari jadikan momen ini untuk jalin dan perkuat sinergi guna mewujudkan kualitas pendidikan di Kediri semakin maju. Serta sesuai dengan nilai-nilai Pancasila," kata dia.

Ia juga bersyukur kegiatan ini bisa berjalan dengan tertib dan lancar. Acara ini diikuti pelajar baik dari Kabupaten Kediri maupun Kota Kediri. Selain itu, acara ini juga sebagai ajang silaturahim untuk para guru.

"Syukur Alhamdulillah mendekati akhir bulan Mei dapat dipertemukan dalam agenda jalan sehat ini. Melihat antusias peserta yang luar biasa saya jadi semakin semangat. Kegiatan ini bukan hanya sekedar kegiatan olahraga namun juga sebuah momentum menghidupkan semangat juang para pahlawan," kata dia.

Pj Wali Kota Kediri Zanariah bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Aries Agung Paewai memberangkatkan jalan sehat peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Pendidikan Nasional. Kegiatan ini mengambil start dan finish di Kawasan Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kediri Adi Prayitno, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Muhammad Muksin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Anang Kurniawan, dan tamu undangan lainnya.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024