Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur mulai mempertimbangkan nama kader Partai Golkar Bayu Airlangga diusung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Surabaya 2024.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jawa Timur Irwan Setiawan dalam keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Sabtu, menyatakan Dewan Pimpinan Daerah PKS Kota Surabaya sudah menemui Bayu Airlangga.

"Kami dapat laporan Mas Bayu mau maju, kami akan menunggu laporan dari DPD Surabaya untuk mempertimbangkan Mas Bayu untuk direkomendasikan," kata Irwan.

Irwan menjelaskan laporan dari para pengurus partai di tingkat kota selanjutnya dikirimkan ke Dewan Pimpinan Pusat PKS.

Segala keputusan terkait rekomendasi sebagai bakal calon kepala daerah sepenuhnya hak prerogatif pengurus pusat.

"Mas Bayu terserah mau di mana, di bakal calon wali kota atau bakal calon wakil wali kota. Adanya calon baru bagi kami sangat baik, tinggal teman-teman di Surabaya bagaimana nanti ke atas," ujarnya.

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Daerah Golkar Jawa Timur M Sarmuji menyatakan peluang koalisi di Pilkada kabupaten/kota saat ini dalam proses penjajakan.

"Ada Kota Batu juga, Kota Malang, Trenggalek, Surabaya di mana kursi PKS ini tinggi," ucap dia.

Sarmuji menyatakan PKS merupakan partai politik yang memiliki daya juang tinggi, hal itu diperlihatkan ketika masa Pilkada 2024. Alhasil perolehan kursi dan suara di Jawa Timur meningkat.

"Kami apresiasi PKS karena itu bukan hal yang mudah sama seperti Golkar yang berjuang keras menaikkan suara dan kursi," kata dia.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024