Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jember Wiwin Riza Kurnia mengatakan bahwa sebanyak 33 peserta panitia pengawas pemilu (Panwaslu) kecamatan untuk pemilihan umum kepala daerah (pilkada) dinyatakan gugur dalam seleksi tes tulis karena tidak hadir dalam tahapan tes tertulis tersebut.

"Jumlah peserta panwaslu kecamatan pilkada yang dinyatakan lolos seleksi administrasi sebanyak 259 orang yang terdiri dari laki-laki sebanyak 167 orang dan perempuan sebanyak 92 orang, namun yang hadir tes tulis sebanyak 226 orang," katanya di Jember, Jawa Timur, Rabu.

Bawaslu Kabupaten Jember telah melaksanakan tahapan tes tertulis calon panwaslu kecamatan pilkada pada tanggal 13-14 Mei 2024, kemudian tes tertulis dilakukan dengan dua metode, yaitu tes tertulis pilihan ganda (CAT) dan essay (manual).

Baca juga: Ketua Bawaslu Jember selamat dari kecelakaan maut usai bertugas

"Peserta yang tidak hadir sebanyak 33 orang secara otomatis dinyatakan gugur dan tidak berhak mengikuti tahapan selanjutnya yakni tes wawancara," tuturnya.

Ia menjelaskan, pihaknya sedang melakukan penilaian tes tertulis serta masih menerima tanggapan dan masukan dari masyarakat terkait hasil pengumuman peserta yang lolos administrasi calon panwaslu kecamatan hingga 17 Mei 2024.

Sementara itu, panwaslu kecamatan existing yang lolos sebanyak 40 orang, sehingga masih dibutuhkan sebanyak 53 orang dari pendaftar baru karena kebutuhan panwaslu kecamatan pilkada di Kabupaten Jember sebanyak 93 orang.

"Dari 226 peserta yang hadir seleksi tes tulis akan diumumkan panwaslu kecamatan yang lolos seleksi tes tulis pada 17 Mei 2024, kemudian yang lolos akan mengikuti tes wawancara yang digelar pada 18 Mei 2024," katanya.

Selain itu, lanjut dia, terdapat 28 orang calon panwaslu kecamatan yang dinyatakan lolos menjadi calon panitia pemilihan kecamatan (PPK) berdasarkan pengumuman KPU Kabupaten Jember tentang Hasil Penetapan Seleksi Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih pada Kabupaten Jember tahun 2024.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024