Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep menetapkan 135 anggota terpilih panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 2024.

"Sebanyak 135 anggota terpilih PPK itu untuk 27 kecamatan, masing-masing kecamatan terdapat lima anggota PPK," kata Komisioner KPU Kabupaten Sumenep, Rafiqi di Sumenep, Selasa malam.

Rekrutmen anggota PPK Pilkada Serentak 2024 oleh KPU Kabupaten Sumenep dimulai dari verifikasi administrasi para pendaftar, tes tulis dan wawancara.

Sebanyak 135 anggota terpilih PPK pilkada itu akan dilantik pada Kamis (16/5) di aula salah satu hotel di Kecamatan Kota.

Di acara pelantikan tersebut juga akan dilakukan penandatanganan pakta integritas bagi para anggota PPK pilkada.

Setelah itu, ratusan anggota PPK dari 27 kecamatan tersebut wajib mengikuti bimbingan teknis (bimtek) selama dua hari pada 16-17 Mei 2024.

"Bimtek merupakan kegiatan wajib bagi semua anggota PPK setelah mereka dilantik untuk memberikan pemahaman tugas dan fungsi sebagai badan ad hoc penyelenggara pilkada agar bekerja sesuai regulasi," kata Rafiqi, menerangkan.

Saat ini, KPU Kabupaten Sumenep juga memproses rekrutmen panitia pemungutan desa (PPS) atau badan ad hoc tingkat desa sebagai bagian dari penyelenggara pilkada.

Sesuai jadwal tahapan yang ditetapkan KPU RI, hari "H" pilkada serentak pada 2024 ini digelar pada 27 November.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024