Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menyatakan ada 432 peserta yang siap mengikuti salah satu acara rangkaian Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS), yakni "Festival Rujak Uleg", Minggu, 19 Mei 2024.

"Hingga saat ini ada 108 grup yang mendaftar dengan masing-masing grup itu terdiri dari empat orang. Totalnya ada 432 orang peserta Festival Rujak Uleg," kata Kepala Disbudporapar Kota Surabaya Hidayat Syah dalam keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Senin.

Hidayat menjelaskan sudah menetapkan empat konsep busana yang digunakan oleh ratusan peserta "Festival Rujak Uleg", yakni dengan tema "Akulturasi Budaya Surabaya".

"Busananya adalah Surabaya European Style, Surabaya Oriental Looks, Surabaya Ampel's Fusion dan Surabaya Local Pride," ujarnya.

Tak seperti tahun sebelumnya, "Festival Rujak Uleg" yang digelar di kawasan Kya-Kya harus berganti lokasi penyelenggaraan di Taman Surya, Balai Kota Surabaya. 

Sebab, kawasan Kya-Kya saat ini sedang dalam pengerjaan penataan kawasan Kota Lama yang direncanakan diresmikan saat perayaan HJKS ke-731 tahun.

Selain itu, kata Hidayat pemilihan lokasi acara merupakan arahan Wali Kota Eri Cahyadi yang menginginkan masyarakat memiliki kedekatan dengan Taman Surya dan balai kota.

"Maka melalui momen ini, warga bisa menyempatkan hadir di Taman Surya," ujarnya.

Sementara, Pemkot Surabaya tak menyelenggarakan "Festival Rujak Uleg" saja, namun juga perlombaan peragaan busana yang pesertanya berasal dari jajaran perangkat daerah setempat. 

Hingga saat ini ada 64 pasangan peserta peragaan busana yang telah mendaftarkan diri ke panitia acara.

"Total keseluruhan ada 128 peserta dan masing-masing peserta itu membawa suporter," kata Kepala Disbudporapar Kota Surabaya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024