DPD Partai Golkar Kota Kediri serta DPC Partai Demokrat Kota Kediri, Jawa Timur, mengajukan Vinanda Prameswati sebagai bakal calon Wali Kota dalam Pilkada 2024.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Kediri Ashari, Sabtu mengemukakan pihaknya telah mengirimkan surat ke DPD Partai Demokrat Jatim terkait dengan usulan bakal calon Wali Kota yang diajukan oleh Partai Demokrat. 

"Kami sudah berkirim surat ke DPD Partai Demokrat Jatim. Kami mengusulkan satu nama calon Wali Kota yang diusung oleh Partai Demokrat Kota Kediri untuk diusulkan ke DPP melalui DPD yaitu saudari Vinanda Prameswati," katanya di Kediri. 

Ia juga menambahkan tim Vinanda telah melakukan komunikasi dengan jajaran DPP Partai Demokrat bahkan sudah bertemu dengan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ketua Bapilu juga mengungkapkan bahwa nama Vinanda Prameswati ada dalam list di DPP Partai Demokrat. 

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Kota Kediri Sudjono Teguh Widjadja mengatakan sejak awal Partai Golkar mengajukan nama Vinanda Prameswati sebagai bakal calon Wali Kota Kediri. Terlebih lagi, Vinanda Prameswati juga menjadi pengurus Partai Golkar. 

Ia menambahkan, dukungan dari Partai Demokrat juga sudah cukup untuk mengajukan Vinanda Prameswati sebagai bakal calon Wali Kota Kediri. Partai Golkar mempunyai lima kursi, sedangkan Partai Demokrat mempunyai dua kursi sehingga cukup untuk daftar ke KPU Kota Kediri.

Pihaknya mempersilakan jika ada partai lain yang juga ingin bergabung. 

"Dari partai lain, kalau mau bergabung kami persilakan. Mudah-mudahan tetap bersatu antara Partai Golkar dan Demokrat untuk memenangkan Wali Kota Kediri," kata dia. 

Sementara itu, bakal calon Wali Kota Kediri Vinanda menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari Partai Golkar dan Partai Demokrat untuk dirinya.

"Saya harapkan ke depan bisa saling bekerjasama dan bersinergi bersama. Karena tujuan kami sama, yaitu sama-sama ingin Kota Kediri lebih maju lagi," kata Vinanda.

Sementara itu, sejumlah partai lainnya masih belum menentukan sikap. Seperti DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Kediri.

Ketua DPD PAN Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan pihaknya memang membuka pendaftaran bakal calon Wali Kota Kediri. Untuk keputusan rekomendasi tetap oleh DPP PAN.

Disinggung Ferry Silviana Abu Bakar yang santer dikabarkan juga akan ikut Pilkada 2024, mantan Wali Kota Kediri ini menanggapinya tanpa memberikan kepastian lebih lanjut. 

"Insya Allah, tergantung. Siapapun yang mendaftar kami silakan. Kami komunikasi tidak hanya di DPW tapi juga DPP. Di DPP ada koalisi besar juga, yang menurut saya sampai daerah kami harus komunikasi," kata dia. 

Ia pun menegaskan yang bisa mengambil formulir bebas baik kader maupun nonkader. Dirinya pun berharap nantinya sosok calon Wali Kota bisa membuat Kota Kediri lebih baik lagi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 secara serentak yang diselenggarakan di 37 provinsi di Indonesia. Kegiatan pemungutan suara itu akan berlangsung pada 27 November 2024. 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024