Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berancang-ancang melanjutkan kerja sama bersama para partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mengusung Bayu Airlangga di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surabaya 2024.

"Bayu itu juga Golkar dan Ketua Projo Jawa Timur, tentu kami buka opsi-opsi itu. Apalagi akan sangat kuat jika parpol KIM bersama. Apalagi Golkar sudah memberi sinyal mendorong Bayu Airlangga maju di Pilkada Surabaya," kata Ketua Dewan Pembina PSI Jawa Timur Teguh Cahyadi atau Gus Din dalam keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Jumat.

Selain merupakan kader Partai Golkar, Gus Din menyatakan Bayu Airlangga merupakan figur yang punya perhatian kepada rakyat.

Kemudian, Bayu juga acap kali turun ke bawah untuk membantu merampungkan segala persoalan yang dihadapi masyarakat.

Gaya politik yang diperlihatkan Bayu, kata Gus Din mengingatkannya dengan Soekarwo atau Pakde Karwo.

"Surabaya butuh sosok merakyat, egaliter. Tentu opsi-opsi ini sangat terbuka untuk dipertimbangkan PSI. Yang pasti, PSI mendukung calon yang mau melanjutkan pembangunan," ucapnya.

Sementara itu, soal situasi politik jelang Pilkada Surabaya 2024 disebutnya masih dinamis, karena itu seluruh persiapan harus dimatangkan dari sisi internal. Apalagi PSI punya lima wakil di DPRD setempat untuk periode 2024-2029.

Kemudian dari sisi eksternal adalah  memperkuat komunikasi dengan partai KIM.

"Eri Cahyadi saat ini ramai bersama dengan Armuji, berarti merah-merah. Kami lihat konfigurasi di pusat juga, jika memang partai-partai di KIM semacam Golkar atau Gerindra membuat poros baru di Surabaya tentu kami buka peluang di poros baru itu," katanya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024