Taman kota sangat berperan penting sebagai paru-paru kota. Di Surabaya setidaknya ada sekitar 900 taman yang tersebar di seluruh kota Surabaya, dan 169 di antaranya menyediakan taman bermain bagi anak-anak. Salah satu taman yang memiliki taman bermain adalah Kebun Bibit Wonorejo Surabaya.

Selain taman bermain, Kebun Bibit Wonorejo Surabaya juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti kawasan untuk berolahraga, lintasan untuk jogging yang memutari danau, area terapi dengan jalan berbatu, danau besar, kawasan perkemahan, pendopo besar, beberapa gazebo, kantin, kawasan pembibitan, taman bunga, rumah anggrek, rumah kompos, dan kandang rusa. Dengan area seluas 5,9 hekatare, ada begitu banyak area kosong yang bisa digunakan untuk bersantai dan piknik dibawah pohon rindang.

"Lagi ini sih acara sekolah, “Semaan Quran” namanya jadi kalau di sekolah kita itu sebelum dites hafalan 1 juz, harus mengikuti semaan dulu atau murojaah bersama ustadz/ustadzah. Ngadain di kebun bibit buat ganti suasana aja, kan enak hafalan sambil ngeliat yang ijo-ijo gini sama ada semilir angin juga," ujar Ainun siswa SMAIT Al-Uswah Surabaya yang sedang mengikuti acara sekolah yang diselenggarakan di Kebun Bibit.

Adanya ruang terbuka hijau sangat disenangi oleh masyarakat, warga sering mengadakan acara di taman-taman kota baik acara resmi maupun tidak karena tidak dipungut biaya. Hanya mempersiapkan perizinan dan proposal acara saja apabila yang diadakan adalah acara resmi.

"Ini lagi ngumpul aja sih mbak sama temen-temen, piknik gitu, refreshing lah istilahnya kalo kata anak zaman sekarang ya mbak,” ujar Bu Santi, salah satu pengunjung yang tergabung dalam rombongan ibu-ibu.
Sejumlah anak bermain di Taman Kota Surabaya, Kebun Bibit (ANTARA/Azra Syahirah)

Piknik di samping danau menjadi sebuah pengalaman baru yang cukup unik, sedikitnya danau di Surabaya yang bisa dinikmati secaara gratis membuat Kebun Bibit Wonorejo Surabaya cukup dinimati warga. Sesekali juga terlihat beberapa warga sedang jogging mengelilingi danau di lintasan yang sudah disediakan. 

Lebih dari 50 jenis tanaman yang dibudidayakan di taman ini, yang dibudidayakan melalui pembibitan mandiri di kawasan pembibitan. Pemerintah Kota Surabaya memang cukup serius dalam pengembangan taman kota sejak masa kepemimpinan Wali Kota Tri Rismaharini. Ada rumah kompos pula untuk mengelola sampah oraganik.

Kebun Bibit Wonorejo Surabaya telah mendapat ulasan sebanyak 7.125 dengan rata-rata bintang 4.5 dari 5. “Tempat yang sangat cocok untuk bersama keluarga diakhir pekan tanpa perlu ke luar kota. Dilengkapi dengan parkir yg luas, sarana olahraga dan area untuk piknik bahkan camping. Untuk toilet tidak usah khawatir, ada beberapa toilet yg bisa digunakan dengan kondisi bersih dan terawat,” ulas Arifin Tri Mulyo yang memberikan bintang 4  pada aplikasi Google Maps. 

Selain itu, ada pula Perpustakaan Keliling yang menggunakan mobil oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya (DIPUSIP) setiap hari Sabtu dan Minggu di Kebun Bibit Wonorejo Surabaya. Hanya dengan membayar parkir sebesar 3 ribu rupiah untuk motor, dan 5 ribu rupiah untuk mobil, kalian sudah bisa menikmati seluruh fasilitas ini bersama teman maupun keluarga. 
 
 

Pewarta: Azra Syahirah

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024