Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengapresiasi kemenangan Tim Nasional Indonesia U-23 atas Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat dini hari.

"Penampilan Timnas Indonesia luar biasa dan mampu mengalahkan Korea Selatan, ini menjadi kebanggaan," kata Eri di Surabaya.

Eri pun meminta seluruh warga Kota Surabaya terus mendukung dan mendoakan tim asuhan Shin Tae-yong sehingga bisa menembus babak final.

"Semuanya harus memberikan semangat kepada timnas," ujarnya.

Wali Kota Eri Cahyadi juga mengapresiasi penampilan dua penggawa "Garuda Muda" asal Kota Surabaya, yakni Rizky Ridho dan Marselino Ferdinan yang mampu tampil maksimal pada pertandingan tersebut.

Selain dua pemain itu, Eri juga memuji performa gemilang kiper Tim Nasional Indonesia asal klub Persebaya, yakni Ernando Ari.

"Saya mengucapkan terima kasih untuk penampilannya kepada dua pemain asal Surabaya. Kemudian juga yang dari Persebaya," kata dia.

Sebagaimana diketahui, Tim Nasional Indonesia U-23 mampu menyingkirkan Korea Selatan melalui babak adu penalti dengan kedudukan 11-10, setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit.

Pada pertandingan itu, penyerang Tim Nasional Indonesia U-23 Rafael Struick membawa "Garuda Muda" unggul 1-0 pada menit ke-15, setelah sepakan kerasnya dari luar kota penalti tak bisa dijangkau oleh panjaga gawang tim lawan.

Namun, Korea Selatan berhasil menyamakan kedudukan setelah pemain belakang Tim Nasional Indonesia U-23 Komang Teguh melakukan gol bunuh di menit ke-45.

Kemudian Rafael Struick kembali mencetak gol keduanya di menit ke-45+3. Tim Nasional Korea Selatan U-23 bisa menyamakan kedudukan di menit ke-84, gol itu diciptakan oleh Sang-bin Jeong.

Kemenangan Indonesia dikunci melalui babak adu penalti, setelah Pratama Arhan mampu menyarangkan boleh ke gawang Korea Selatan.

Anak asuh Shin Tae-yong dipastikan lolos ke babak semifinal. Tim Nasional Indonesia menunggu pemenang pertandingan Arab Saudi melawan Uzbekistan.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024