Akhir pekan tentunya adalah waktu yang luang, waktu untuk istirahat bersama keluarga. Namun, tak sedikit akhir pekan tetap dimanfaatkan untuk belajar.

Belajar sambil liburan tentunya lebih menyenangkan. Salah satu lokasi yang apik adalah mengikuti sesi cooking class di wisata Kampung Coklat, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Direktur Marketing dan Bisnis Kampung Coklat Blitar Edi Purwanto menjelaskan cooking class ini merupakan wahana edukasi bagi masyarakat tentang tanaman kakao yang merupakan penghasil cokelat hingga pengolahannya.

Ia menyebut, pengunjung disuguhkan tentang proses tanam kakao mulai dari biji, hingga tumbuh dan siap panen. Kemudian, pengunjung diajak ke kebun untuk mengetahui bagaimana dan cara budi daya tanaman itu hingga siap panen buahnya.
 
 

Setelahnya, pengunjung juga diajak untuk melihat produksi kakao dan mengolahnya hingga menjadi bubuk cokelat serta menjadi olahan cokelat yang enak dan siap santap.

"Jadi, dasar tentang cokelat kami edukasi, mulai awal dari pembibitan, kemudian masuk cooking class cara membuat cokelat, bahan-bahannya," katanya di Blitar, Minggu.

Ia menambahkan, edukasi ini dibuat menyusul tingginya animo masyarakat yang ingin mengetahui bagaimana membuat cokelat. Selain diberi edukasi, mereka juga bisa mencicipi secara langsung olahan cokelat yang telah disediakan.

Cooking class tersebut bukan hanya diminati pelajar, melainkan juga banyak UMKM yang ingin belajar tentang cokelat dan cara pengolahannya. Pengunjung bukan hanya dari Blitar, tapi berbagai daerah di Jawa Timur bahkan hingga luar Jawa.

Di wisata ini pengunjung juga bisa menikmati berbagai ragam wahana serta berbagai macam menu masakan. Selain itu, oleh-oleh cokelat juga banyak diburu pengunjung.
 
 

Hingga kini, wisata Kampung Coklat di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar berdiri di lahan seluas 7 hektare. Ada 15 wahana yang bebas dimanfaatkan oleh pengunjung, namun ada yang berbayar tambahan. 

Selama libur Lebaran 2024, pengunjung dari berbagai daerah juga memadati lokasi wisata ini. Tempat ini menjadi jujukan wisatawan baik lokal Blitar maupun luar daerah yang ingin menikmati berbagai wahana di tempat ini.

Untuk ke lokasi, pengunjung bisa naik kendaraan pribadi dari arah Kota Blitar menuju ke Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Lokasi ini juga bisa ditemukan di aplikasi Google Maps

Selain itu, adanya wisata ini juga menggerakkan roda perekonomian warga sekitar. Banyak yang memanfaatkan halaman rumah warga di sekitar lokasi ini sebagai tempat parkir maupun berjualan. Banyak juga warga yang menjajakan buah-buahan salah satunya belimbing yang merupakan produksi terkenal dari Blitar. 

Erina, salah seorang pengunjung wisata ini mengaku senang bisa berkunjung. Ia juga jadi tahu bagaimana cara budi daya tanaman kakao hingga diolah menjadi cokelat yang lezat.

"Menarik sekali bisa belajar langsung ke tempat produksinya. Jadi tahu cara pembuatan cokelat juga," kata Erina asal Tulungagung ini.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024