Pemerintah Kabupaten Sumenep menyediakan angkutan balik gratis bagi warga kepulauan yang hendak kembali ke perantauan pada musim mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah.

Menurut Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Pemkab Sumenep Yayak Nurwahyudi di Sumenep, Rabu, program itu untuk membantu warga Sumenep kembali ke tempat kerja mereka setelah pulang kampung.

"Ada empat tujuan angkutan balik Lebaran gratis yang kami sediakan mulai hari ini, yakni Pelabuhan Kalianget, Jangkar, Tanjung Wangi dan Surabaya," katanya.

Rute angkutan meliputi di antaranya Pulau Sapudi – Jangkar, Sapeken – Tanjung Wangi dan Masalembu Surabaya, kemudian dari Pulau Raas, Pulau Sapudi, Pulau Kangean, serta Pulau Sapeken yang menuju Pelabuhan Kalianget.

Menurut Nurwahyudi, pada program bantuan balik Lebaran gratis bagi masyarakat kepulauan itu pihaknya menyediakan sebanyak lima kapal, masing-masing KMP Dharma Bahari Sumekar III, KMP Wicitra Dharma, KM Sabuk Nusantara 92, KMP Dharma Kartika dan KM Sabuk Nusantara 91.

"Angkutan Lebaran gratis bagi masyarakat kepulauan ini mulai hari ini hingga 21 April 2024," katanya.

Selain menyediakan angkutan balik Lebaran gratis, Pemkab Sumenep juga menyediakan angkutan balik Lebaran melalui jalur darat, yakni jurusan Sumenep-Jakarta.

"Untuk balik Lebaran jalur darat ini kami menyediakan sebanyak dua unit bus," katanya.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024