Kepolisian Resor Situbondo menyiapkan Posko Coast Guard untuk memantau keselamatan dan keamanan pengunjung Wisata Bahari Pasir Putih selama libur panjang Lebaran 2024.

Wakapolres Situbondo Kompol I Made Prawira Wibawa di Situbondo Jumat menjelaskan bahwa pendirian posko untuk menjaga keamanan di pantai Pasir Putih Kecamatan Bungatan itu terdiri atas personel gabungan Satuan Poliisi Air dan Udara (Satpolairud), TNI AL, dan tim SAR.

"Pada momentum Lebaran ini kami ada posko pelayanan dan pengamanan di tempat keramaian atau tempat wisata dan tempat lainnya yang menjadi tujuan liburan atau aktivitas masyarakat selama libur Lebaran," katanya.

Khusus di Posko Coast Guard wisata Pasir Putih, lanjut Wakapolres, semua sarana dan personel sudah lengkap berikut kapal patroli milik Satpolairud Polres setempat.

Kompol I Made menekankan agar personel yang bertugas pengamanan agar selalu menyiarkan melalui pengeras suara yang tersedia di Posko Coast Guard terkait imbauan keselamatan dan keamanan kepada pengunjung yang beraktivitas mandi di pantai.

"Kami tekankan kepada anggota jangan pernah lelah untuk mengingatkan para pengunjung wisata Pasir Putih demi keamanan dan keselamatan saat mandi di laut," katanya.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Situbondo Ainur Ridla Kurniawan mengatakan, sejak hari kedua Lebaran (H2) Kamis (11/4) kemarin dan hari ini Pasir Putih sudah mulai dipadati pengunjung.

"Wisata Bahari Pasir Putih mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah pada momentum libur panjang Lebaran," katanya.

Kunjungan wisatawan ke Pasir Putih, kata Ridla, diprediksi akan semakin ramai mengingat liburan panjang Idul Fitri masih sepekan ke depan, termasuk liburan sekolah.

"Liburan kan masih seminggu ke depan, jadi mulai besok hingga hari libur usai, pengunjung wisata Pasir Putih akan semakin ramai," katanya.

Ridla menambahkan, untuk pengamanan bagi pengunjung wisata khususnya di Pasir Putih berkolaborasi dengan pihak TNI/Polri.

"Di jalan raya Pasir Putih ada pos pengamanan yang siaga memberikan pengamanan kepada pengendara di jalur pantura, termasuk kepada pengunjung Pasir Putih. Satpolairud juga siaga," katanya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024