Kapal Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) KN SAR Permadi menyalurkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) bagi warga terdampak gempa di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, yang diberangkatkan melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. 

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menjelaskan jenis bantuan yang dikirim meliputi lauk pauk, nasi siap saji, mi instan dan minyak goreng, masing-masing sebanyak 50 karton. 

"Ada juga sarden 10 karton dan telur ayam sebanyak 400 kilogram," katanya, saat melepas keberangkatan KN SAR Permadi di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Senin.

Bantuan lainnya berupa beras sebanyak 970 kilogram, bubur bayi 2 dus, mi gelas 6 dus, teh 22 dus, kopi 39 dus, makanan ringan 20 dus, makanan bayi 1 dus, camilan bayi 2 dus, susu 1 dus, abon 2 dus, tempe kering 6 pak dan kentang kering 4 pak.

Selain itu juga dikirimkan tenda keluarga 1 unit, terpal 200 unit, kasur lipat 15 lembar, matras 255 lembar, pampers anak 31 dus, pampers dewasa 8 dus, pembalut 4 dus, tikar 5 lembar dan selimut 200 lembar.

Juga ada 1 genset, 5 kompor plus tungku, 3 dandang, 2 wajan, kontainer stik kompor dan perlengkapan sebanyak 1 unit.

Pj Gubernur Jatim yang turut didampingi Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyampaikan bahwa bantuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan dasar para korban gempa di Pulau Bawean.

"Pastikan urusan kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi, bagaimana masyarakat terlindungi dengan baik, jangan ada yang kelereran dan jangan sampai ada masalah," tuturnya.

Adhy mengungkapkan bantuan yang dikirim merupakan kumpulan bantuan dari berbagai perangkat daerah di lingkungan Pemprov Jatim dan para donatur.

"Kami masih terus menghimpun lebih banyak lagi bantuan," ucapnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024