Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Jawa Timur Boedi Prijo Soeprajitno mengajak seluruh warga di wilayah setempat bersama-sama menjaga persatuan, usai penetapan hasil Pemilihan Presiden 2024 oleh KPU RI.

"Kita sudah harus menjalin lagi, bergandengan tangan, kita menatap ke depan," kata Boedi di Surabaya, Kamis malam.

Boedi menyatakan persatuan dan kesatuan bangsa merupakan poin utama dalam kehidupan bernegara dan harus ditempatkan di atas beragam perbedaan pilihan politik yang muncul.

"Tugas kita sekarang kembali ke laptop, tidak ada lagi nomor 1, 2, maupun 3, saya kira sudah bukan waktunya saling mengotak-kotakkan," ujarnya.

Dia pun berharap seluruh warga negara bisa mendukung dan membantu pemerintahan Prabowo-Gibran dalam misi menyongsong kemajuan bangsa Indonesia.

"Mari tatap ke depan, program Pak Prabowo adalah Indonesia Maju. Kita sejahtera dan berkah menuju Indonesia Emas 2045," ucapnya.

Sementara, soal gugatan yang dilayangkan pasangan nomor urut 1 dan 3, Boedi menyebut hal itu lumrah terjadi dan merupakan hak masing-masing peserta.

"Saya kira itu sudah ada mekanismenya dan sudah di atur dalam aturan penetapan undang-undang," katanya.

Namun, dia yakin dinamika yang muncul ini tidak akan sampai mempengaruhi stabilitas negara, khususnya di Jawa Timur.

"Jawa Timur sudah lihat semuanya, kami dalam kondisi aman, tenang, dan kondusif," tutur dia.

KPU RI telah menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan capres-cawapres terpilih pada Pilpres 2024.

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

Pasangan Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md 27.040.878 mendapatkan suara.

Pemilihan Presiden 2024 diikuti tiga pasangan, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pasangan calon nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka paslon nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. paslon nomor urut 3.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024