Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) meraih capaian 32 juta jam kerja selamat pada peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (BK3N) 2024 yang berlangsung selama satu bulan dimulai 12 Januari hingga 12 Februari 2024.

Deputi Site Manager PTFI Smelter Project, Venta Agustri dalam siaran persnya di Gresik, Selasa mengatakan, untuk meraih capaian 32 juta jam kerja selamat, pihaknya menerapkan lima hal kunci. 

Pertama, kata dia, adalah dengan mengkomunikasikan informasi keselamatan secara teratur kepada karyawan. Kedua, membangun budaya keselamatan dengan mendorong karyawan saling mengingatkan dan mengambil tindakan preventif untuk mengurangi risiko kecelakaan. 

Kemudian ketiga, memastikan kebijakan keselamatan diikuti secara ketat oleh semua karyawan dan memberlakukan sanksi terhadap pelanggaran yang dilakukan.

"Keempat, memastikan peralatan kerja dan fasilitas keselamatan (PPE) dalam kondisi baik. Kelima, melakukan audit K3 dilakukan secara berkala (satu tahun sekali) untuk mengevaluasi kepatuhan terhadap prosedur keselamatan dan mengidentifikasi area-area yang memerlukan improvement," kata Venta, menjelaskan.

Sementara itu, dalam peringatan BK3N 2024, Smelter PTFI menggelar berbagai kompetisi K3 di antaranya Fire and Rescue Challenge, Cerdas Cermat K3, PPE Hunter, Tool Box Speech, Kompetisi Foto K3, Poster K3, Maskot K3, dan Kompetisi Olahraga seperti Bulutangkis, Catur, Pingpong, dan Futsal.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024