Satuan Damkar Kabupaten Trenggalek mengirimkan delapan personel untuk mengikuti National Firefighter Skill Competition (NFSC) 2024 di Surabaya, Jawa Timur.
 
Kegiatan itu merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Indonesia yang akan digelar 25 hingga 29 Februari di Politeknik Penerbangan, Surabaya.
 
"Semoga mereka bisa berkompetisi secara maksimal dalam ajang untuk keterampilan pemadam kebakaran dan penyelamatan di tingkat nasional itu," kata Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara, di Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek, Minggu.
 
Kontingen Damkar Trenggalek mengikuti kompetensi setelah berhasil lolos babak penyisihan dan masuk 50 besar nasional.
 
Dijelaskan, dalam kompetisi nasional itu, ada tiga jenis lomba yang akan diikuti kontingen Trenggalek, mulai dari survival, ladder pitching dan hose laying. Ketiga jenis lomba itu menitikberatkan pada ketahanan fisik, mental, endurance, kecepatan, ketepatan dan kekompakan.
 
Mas Syah berharap mereka dapat berlaga dengan maksimal. "Apalagi ini merupakan kali kedua tim kontingen Trenggalek mengikuti ajang serupa. Pertama di tahun 2020 lalu di Bantul, DIY dan sekarang tahun 2024 di Surabaya, semoga bisa mendapatkan hasil maksimal. Karena ini menjadi salah satu bukti, pemadam kebakaran yang ada di Kabupaten Trenggalek adalah salah satu dari organisasi perangkat daerah yang kita banggakan," katanya.
 
Menurut dia, adu ketrampilan dalam hal teknik pemadaman api/kebakaran ini baik karena bisa menjadi ajang untuk meningkatkan sumber daya manusia yang ujungnya berdampak baik dalam rangka meningkatkan pelayanan publik.
 
Sebab tujuan dan sasaran dalam kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi sumberdaya aparatur pemadam kebakaran.
 
Mereka diadu teknis melakukan taktis penyelamatan dalam pelaksanaan kegiatan pencegahan bahaya kebakaran serta penanggulangan kebakaran secara cepat, tepat dan benar.
 
“Dengan begitu secara personel, petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan bisa lebih profesional dan terampil dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. Cari kawan sebanyak-banyaknya dan belajarlah, serap ilmu dari kabupaten-kabupaten lain sehingga pelayanan yang ada di Kabupaten Trenggalek bisa lebih maksimal," katanya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024