Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto terus memantau pelaksanaan rekapitulasi perolehan suara hasil pemilu oleh Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) guna memastikan berjalan aman dan kondusif.

"Kami memantau kegiatan rekapitulasi perolehan suara hasil pemilu di tingkat kecamatan ini, ingin memastikan berjalan dengan baik," kata AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto kepada wartawan di Situbondo, Jawa Timur, Jumat.

Pada hari keempat pelaksanaan rekapitulasi hasil Pemilu 2024 ini, Kapolres memantau dari kecamatan satu ke kecamatan lainnya bertujuan memastikan keamanan serta kesiapsiagaan personel yang bertugas mengamankan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil pemilu.

Menurut Kapolres, pengamanan dilakukan Polres Situbondo dan jajaran Polsek untuk memastikan keamanan proses rekapitulasi dengan harapan bahwa hingga pelaksanaan rapat pleno di tingkat PPK berjalan dengan aman dan lancar tidak ada kendala.

AKBP Dwi SR juga mengimbau kepada pihak penyelenggara agar menjalankan tugasnya dengan baik sesuai ketentuan, guna mencegah terjadinya ketidaknyamanan atau kerugian bagi pihak manapun.

"Keamanan kotak suara harus ekstra ketat, begitu pula saat dilakukan pergeseran kotak suara hasil pemungutan suara Pemilu 2024 dari Kecamatan Besuki menuju ke KPU harus mendapatkan pengawalan dari TNI/Polri serta dibantu Linmas," katanya.

Rekapitulasi penghitungan suara hasil pemilu tingkat kecamatan se-Kabupaten Situbondo berlangsung sejak Selasa (20/2) lalu, dan diperkirakan rekapitulasi tuntas selama sepekan.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024