Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Jawa Timur, menyiapkan golden ticket atau tiket emas bagi siswa berprestasi pada jalur penerimaan mahasiswa baru tahun 2024.

"Golden ticket diperuntukkan bagi putra-putri terbaik yang memperoleh juara atau prestasi tingkat nasional maupun internasional," kata Kepala Subdirektorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa, Sukarmin, di Surabaya, Rabu.

Golden ticket ini, kata dia, termasuk kategori Jalur Mandiri yang proses seleksinya dilakukan secara bertahap. Pendaftarannya sudah dibuka melalui laman, https://forms.gle/SarrAn2vBdhMei8C6.

Peserta yang sudah mendaftar akan diverifikasi dan diwawancarai tim Unesa pada awal bulan. Dengan kata lain, kata dia, peserta yang mendaftar Februari ini akan diverifikasi pada awal Maret. Begitu seterusnya sampai masa seleksi Jalur Mandiri.

Baca juga: Civitas academica Unesa ajak semua pihak kawal demokrasi

"Jalur tiket emas ini memiliki kelebihan seperti sudah jelas tanpa tes, kemudian dari aspek biaya setara jalur prestasi nasional atau SNBP-SNBT, alias peserta tidak dikenai biaya SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi), bahkan jika bagus prestasinya bisa bebas UKT delapan semester," ujarnya.

Dosen kelahiran Magetan itu melanjutkan bahwa sebagai catatan golden ticket ini hanya diperuntukkan bagi prodi-prodi non-kedokteran. Adapun mekanisme yang perlu diperhatikan yaitu pendaftar merupakan siswa-siswi kelas XII pada tahun ajaran 2023/2024, memiliki sertifikat juara atau prestasi minimal tingkat nasional, dan  berkomitmen serta bersedia mengembangkan prestasi yang dimiliki saat kuliah.

Adapun tahapan pendaftarannya dengan membuka laman https://forms.gle/SarrAn2vBdhMei8C6 dan mengisi data seperti nama, NISN, dan sekolah.

Selanjutnya memilih prodi yang diminati. Mengisi daftar prestasi dan mengunduh sertifikat prestasi. Maksimal tiga prestasi terbaik minimal tingkat nasional. periksa kembali data yang diisi, setelah itu klik "kirim".

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024