Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menuntaskan pembangunan gedung baru Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jatim di Jalan Puncak Permai Utara II Nomor 2 Surabaya.

Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono menjelaskan gedung baru Bawaslu yang berlokasi di samping kantor yang lama dibangun menggunakan anggaran Pemprov Jatim dengan nilai kontrak setelah alokasi dana desa (ADD) Rp1.219.298.000. 

"Proses pengerjaan bangunan ini menghabiskan waktu selama 93 hari," katanya di Surabaya, Minggu.

Bangunannya terdiri dari dua lantai. Lantai satu untuk ruang informasi. Lantai dua untuk ruang kepala bagian serta ruang rapat internal Bawaslu. 

Adhy berharap gedung baru Bawaslu dapat melengkapi fasilitas gedung lama yang tidak terlalu luas. 

“Karena lahannya sempit, jadi kita bantu dengan pembangunan pada lahan di sebelah gedung lama. Sehingga ini melengkapi fasilitas gedung lama dan menjadikan kantor Bawaslu layak dan sesuai dengan standar kantor setingkat provinsi,” ujarnya.

Selain melengkapi fasilitas dan kenyamanan, Adhy juga berharap keberadaan gedung baru Bawaslu dapat meningkatkan sisi keamanan. 

“Kalau misalnya ada demo, dengan kantor yang sekecil kantor lama maka sangat bahaya. Inilah yang dari Pemprov Jatim bisa kita bantu untuk mendukung kinerja lembaga yang belum memiliki kantor,” ucapnya.

Sementara masih sedang dilakukan tahap pemeliharaan, sekaligus melihat apa masih ada yang belum selesai atau kurang. 

"Kita juga melihat apa saja nanti kebutuhan dari kantor baru yang diperlukan,” kata Adhy.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Adhy mengapresiasi pelaksanaan Pemilu di Jatim yang berjalan dengan kondusif, aman, dan terkendali. 

"Pada intinya, kami Pemprov Jatim siap mengoordinasikan kepada semua pihak penyelenggara Pemilu untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya,” ujarnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024