Sebanyak 831 personel Polres Pamekasan disiagakan mengawal distribusi logistik Pemilu 2024 dari gudang logistik komisi pemilihan umum (KPU) menuju tempat pemungutan suara (TPS) untuk pelaksanaan pemungutan suara yang akan digelar pada 14 Februari 2024.

Menurut Kapolres Pamekasan AKBP Jazuli Dani Iriawan, ke 831 personel itu merupakan gabungan dari anggota Polres Pamekasan dan Polsek jajaran yang tersebar di 13 kecamatan di wilayah itu.

"Malam ini semua personel sudah bertugas di masing-masing TPS sesuai dengan tugas yang telah ditentukan, yakni di 178 desa dan 11 kelurahan yang tersebar di 13 kecamatan," katanya di Pamekasan, Jawa Timur, Selasa malam.

Ia menjelaskan, masing-masing personel ini melakukan pengawalan distribusi logistik sejak, Senin (12/2) menuju masing-masing kecamatan, dan selanjutnya dari kecamatan ke masing-masing desa atau panitia pemungutan suara (pps), lalu didistribusikan ke masing-masing tps yang ada di desa itu.

Menurut Kapolres, secara umum, pelaksanaan distribusi berjalan sesuai harapan, dan tidak gangguan yang berarti, kecuali kendala geografis.

"Untuk wilayah tertentu memang dilaporkan ada kendala, seperti di beberapa desa di wilayah utara Pamekasan, tetapi secara umum tidak masalah," katanya.

Sementara itu, dari total 831 personel yang digerakkan Polres Pamekasan guna mengamankan pelaksanaan distribusi logistik Pemilu 2024 itu, sebanyak 547 personel di antaranya bertugas melakukan pengamanan di tps.

Perinciannya, anggota Polres Pamekasan sebanyak 215 personel, anggota polsek jajaran sebanyak 259 personel dan anggota Polda Jatim di Bawah Kendali Operasi (BKO) Polres Pamekasan sebanyak 73 personel.

Pemilu Presiden, Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten di Kabupaten Pamekasan pada 14 Februari 2024 akan digelar di 2.448 tps yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 kecamatan se-Kabupaten Pamekasan.

Jumlah hak pilih di kabupaten ini tercatat sebanyak 676.308 jiwa, dengan perincian jumlah pemilih laki-laki sebanyak 326.779 orang, sedangkan jumlah pemilih perempuan sebanyak 349.529 orang.

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024