Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) menyatakan cuaca mendukung kelancaran distribusi logistik Pemilihan Umum Pemilu dari wilayah Kabupaten/Kota ke tingkat kecamatan hingga kelurahan dan desa, sampai ke daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T). 

"Kelancaran distribusi logistik Pemilu hingga daerah 3T didukung oleh cuaca yang terbilang sangat bersahabat," kata Ketua KPU Jatim Choirul Anam kepada wartawan usai menerima kunjungan pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) provinsi setempat di Surabaya, Selasa. 

Ia menyampaikan, Provinsi Jatim memiliki wilayah kepulauan, di antaranya di Kabupaten Sumenep dan Gresik yang distribusi logistiknya dilakukan sejak awal, yaitu tanggal 3 Februari hingga 5 Februari lalu. 

Cak Anam, sapaan akrabnya, menjelaskan antisipasinya jika terjadi cuaca buruk akan didistribusikan menggunakan kapal milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) maupun Kepolisian Republik Indonesia (Polri). 

Namun, kata dia, ternyata cuaca sangat bersahabat sehingga cukup didistribusikan menggunakan kapal reguler yang biasa melayani jasa penyeberangan ke wilayah kepulauan tersebut.

"Jadi untuk wilayah Jatim, per hari ini Alhamdulillah, belum ada kendala bencana atau cuaca. Kita berharap besok semua berjalan dengan aman, lancar dan kondusif," ujar Cak Anam. 

Sementara itu, sejumlah pejabat Forkopimda Jatim memantau distribusi logistik Pemilu di Gudang KPU Surabaya yang dipusatkan di Gedung Olahraga (GOR) Pancasila Surabaya. 

"Insya Allah, tadi sudah kita saksikan bersama untuk memastikan tidak ada persoalan dengan distribusi peralatan terkait dengan Pemilu," kata Plh Gubernur Jatim Adhy Karyono.

Para pejabat Forkopimda Jatim tersebut juga melakukan pemantauan pergeseran distribusi logistik Pemilu di Gudang KPU Kabupaten Gresik dan Mojokerto yang sedang disalurkan ke tingkat kecamatan, desa dan tempat pemungutan suara (TPS).

KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024