Penjabat Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan seluruh personel yang bertugas pada Pemilihan Umum 2024 dalam kondisi siap untuk mengamankan pelaksanaan pesta demokrasi 14 Februari 2024.

Dalam Apel Gelar Pasukan Pergeseran Personel Pengamanan TPS di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa, Wahyu meminta para petugas tetap semangat dalam melaksanakan tugas selama masa Pemilu 2024.

"Saya berharap seluruh petugas dapat menjaga kesehatan dan tetap semangat, mulai persiapan sampai penghitungan suara esok hari. Petugas kesehatan dan fasilitas layanan kesehatan juga akan bersiaga 24 jam untuk mendukung jalannya pesta demokrasi ini," kata Wahyu.

Wahyu menjelaskan ada sebanyak 5.325 personel gabungan yang akan bertugas dalam pengamanan Pemilu 2024 di Kota Malang. Mereka akan menjaga sebanyak 2.452 tempat pemungutan suara (TPS).

Dalam kesempatan itu, Wahyu memberikan penekanan pada sejumlah hal kepada seluruh petugas pengamanan demi kelancaran pesta demokrasi lima tahunan itu, antara lain petugas harus memahami dan mematuhi prosedur standar pengamanan TPS yang telah ditetapkan, melaksanakan tugas dengan tanggung jawab, disiplin dan sigap, serta melakukan patroli pengawasan di sekitar TPS untuk mencegah adanya gangguan keamanan.

Baca juga: Pj Wali Kota Malang minta ASN bantu penertiban APK

"Selain itu, junjung tinggi netralitas petugas keamanan dan berikan pelayanan yang terbaik kepada semua pihak," katanya.

Kemudian, personel yang bertugas juga diminta untuk menjaga sinergi, koordinasi dan melakukan komunikasi yang efektif dengan seluruh pihak serta segera melapor kepada atasan jika menemukan situasi yang berpotensi mengganggu keamanan.

Ia juga meminta petugas untuk menindak tegas segala bentuk pelanggaran dan gangguan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan melakukan tindakan pencegahan dan antisipasi terhadap potensi kerusuhan dan adanya intimidasi.

"Berikan rasa aman dan nyaman kepada para pemilih dan petugas KPPS. Bantu dan fasilitasi para pemilih yang membutuhkan bantuan, terutama penyandang disabilitas dan para lansia," katanya.

Ia mengingatkan proses Pemilu 2024 masih cukup panjang dan tidak hanya terhenti pada hari pemungutan suara, namun hingga penghitungan suara.

"Saya yakin dan percaya, dengan pengalaman, profesionalisme, dan sinergi yang dimiliki, aparat keamanan mampu mengamankan TPS dengan baik dan memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan sukses," tuturnya.

Saat ini pada 11-13 Februari 2024 sudah memasuki masa tenang pelaksanaan Pemilu 2024, setelah masa kampanye yang berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024