Kumpulan Petani Sawit Rakyat mendukung calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (cawapres) Mahfud Md karena diyakini mampu menjawab semua permasalahan yang saat ini dihadapi industri kelapa sawit nasional.

Tokoh Senior Sawit Maruli Gultom dalam keterangan yang diterima di Surabaya, Kamis, mengatakan ada beberapa alasan kenapa harus memilih Paslon nomor 3 tersebut.

"Pertama, kami yakini mampu memikul beban penyelesaian masalah sektor sawit. Jadi saya memetik hikmahnya, sawit itu untuk Republik ini ibarat ayam bertelur emas, namun sayangnya Industri sawit ini terus menerus dipersulit,” katanya.

Maruli menjelaskan industri sawit jika tidak diganggu pastinya akan bisa berkembang dengan sendirinya.

Sementara itu, Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Danang Girindrawardana menambahkan bahwa sektor sawit di Indonesia memiliki peran penting dalam perekonomian negara, menjadi andalan ekspor CPO dan turunannya.

"Saat ini, 40 persen dari komposisi industri ini dipegang oleh petani, sedangkan sisanya dikuasai oleh perkebunan besar. Meskipun potensinya besar, produksi sawit Indonesia cenderung menurun, dan produktivitas lahan petani masih rendah," ujarnya.

Dalam kesempatan sama, Koordinator Petani Sawit Mansuetus Darto menyatakan dengan tulus mendukung Ganjar-Mahfud.

"Keputusan ini didasarkan pada pertimbangan politis dan visi mereka yang dinilai mampu membawa perubahan positif pada sektor sawit Indonesia," kata Darto.

Dalam konteks hilirisasi, kata Darto, Ganjar-Mahfud diharapkan dapat membawa terobosan baru yang menguntungkan seluruh masyarakat, bukan hanya kelompok besar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024